Efektivitas Konseling Kelompok Berbasis Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Smp N 6 Taman Kabupaten Pemalang

Antikrukhamah, Sukma (2023) Efektivitas Konseling Kelompok Berbasis Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Smp N 6 Taman Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
3519041_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3519041_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

ABSTRAK Antikrukhamah, Sukma. 2023. Efektivitas Konseling Kelompok Berbasis Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di SMP N 6 Taman Kabupaten Pemalang. Skripsi Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam. Fakultas Ushuludin Adan dan Dakwah. Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Dr. Esti Zaduqisti, M.Si. Kata Kunci : Konseling Kelompok, Motivasi Belajar Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena peserta didik yang memiliki motivasi belajar rendah di SMP N 6 Taman Kabupaten Pemalang. Hal ini berdasarkan wawancara yang telah dilakuakn dengan guru BK SMP N 6 Taman Kabupaten pemalang hasil bahwa peserta didik kurang memiliki ciri-ciri motivasi belajar seperti tidak adanya hasrat dan keinginan untuk berhasil contohnya saat mendapatkan nilai penilaian harian yang tidak mencapai KKM. Menurut penuturan pengajar BK SMP N 6 Taman dalam satu kelas terdapat 2-4 peserta didik yang sudah melakukan pekerjaan paruh waktu membantu membongkar muatan kapal ikan dengan upah Rp 100.000/hari yang menyebabkan peserta didik tersebut tidak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah. Rumusan masalah yakni bagaimana motivasi belajar peserta didik sebelum dan sesudah dilakukannya layanan konseling kelompok berbasis islam, dan apakah konseling kelompok berbasis islam efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisis sebelum dan sesudah dilakukannya konseling kelompok berbasis islam, dan untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok berbasis islam dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMP N 6 Taman Kabupaten Pemalang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yang menggunakan desain Pre-Eksperimental One Group Pre-test dan Post-test Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII sebagai sampelnya adalah 6 peserta didik dengan motivasi belajar rendah. Alat dalam pengumpulan data yaitu menggunakan skala motivasi belajar berupa angket. Untuk menghitung reliabilitas menggunakan bantuan program ANNETESTV4. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan (1) dari hasil skor pre-test motivasi belajar pada kelompok eksperimen adalah 118 dengan rata-rata 19,7 dan tergolong pada kategori motivasi belajar rendah. Kemudian setelah diberikan perlakuan. (2) Pada hasil skor post-test motivasi belajar mengalami pengingkatan 233 dengan rata-rata 38,8 dan tergolong dalam kategori motivasi belajar tinggi. (3) Hal ini menunjukkan bahwa konseling kelompok berbasis islam dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMP N 6 Taman Kabupaten Pemalang. Hal ini ditunjukkan pada peningkatan rata-rata kelompok eksperimen = 19,2 lebih tinggi daripada peningkatan skor rata-rata kelompok kontrol = 4,3.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZaduqisti, EstiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Konseling Kelompok, Motivasi Belajar
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 25 Nov 2023 04:45
Last Modified: 25 Nov 2023 04:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4976

Actions (login required)

View Item View Item