Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Pendekatan Etnomatematika terhadap Hasil Belajar Siswa di SMPN 1 Kedungwuni

Switania, Rora Nurtsalitsa (2023) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Pendekatan Etnomatematika terhadap Hasil Belajar Siswa di SMPN 1 Kedungwuni. Undergraduate Thesis thesis, UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2618132_rora cover-bab1-bab5-daftar riwayat hidup.pdf

Download (20MB)
[img] Text
2618132-rora full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23MB)
Official URL: http://perpus.uingusdur.ac.id

Abstract

Hasil belajar siswa di SMPN 1 Kedungwuni masih tergolong rendah. Faktor penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa adalah penggunaan model pembelajaran karena dapat merangsang kemampuan matematis dan keaktifan siswa. Model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dirancang guna mempengaruhi pola interaksi antarsiswa dan mengembangkan pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan akademik siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share di SMPN 1 Kedungwuni? 2)Bagaimana efektivitas dari model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan pendekatan etnomatematika SMPN 1 Kedungwuni dalam meningkatkan hasil belajar siswa? Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mengetahui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share yang diterapkan di SMPN 1 Kedungwuni, dan menganalisis serta mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan pendekatan etnomatematika dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMPN 1 Kedungwuni. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini adalah one-group pretest-posttest design. Populasi di antaranya siswa kelas VIII A-H. Sampel kelas VIII C (32 siswa). Purposive sampling digunakan sebagai teknik pengambilan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan uji paired sample t-test dan N-gain score. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai pretest pada kelas eksperimen adalah 45,9375 dan rata-rata nilai posttest-nya adalah 76,5625. Nilai Sig. (2-tailed) adalah 0.000 < 0.05 dan nilai thitung = 70,442 > ttabel = 2,040. Sehingga, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan pendekatan etnomatematika efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa atau H1 diterima dan H0 ditolak. Sedangkan, berdasarkan hasil rata-rata N-gain percent menunjukkan kategori cukup efektif. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan pendekatan etnomatematika cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMPN 1 Kedungwuni.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMahmudah, UmiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share, Etnomatematika, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 511.8 Mathematical Models, Mathematical Simulation/Matematika Model, Simulasi Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 25 Nov 2023 04:24
Last Modified: 01 Feb 2024 02:26
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5022

Actions (login required)

View Item View Item