Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Bangun Ruang Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Kedungwuni

Sakinah, Nurul (2023) Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Bangun Ruang Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Kedungwuni. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2619131_COVER_BAB I & BAB V_DP.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2619131_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Nurul Sakinah. 2023. Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Bangun Ruang Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kedungwuni. Skripsi Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing : Nalim, M.Si. Kemampuan berpikir menjadi hal penting bagi siswa dalam mencapai keberhasilan pendidikan khususnya kemampuan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS) yang digunakan untuk menjawab tantangan zaman pada era pendidikan abad 21. Namun berdasarkan hasil penelitian beberapa lembaga internasional seperti TIMSS dan PISA menyatakan bahwa Indonesia masih berada pada posisi yang rendah dalam ranah matematika di antara negara lain karena skor yang diperoleh belum mencapai rata-rata skor Internasioanl. Salah satu faktor penghambat pemahaman siswa terhadap soal HOTS adalah kurangnya latihan siswa dalam menyusun strategi penyelesaian masalah, kebiasaan siswa yang masih berada pada tahap LOTS dan sistem penilaian yang sifatnya menguji kemampuan kognitif tingkat rendah. Ada banyak materi matematika yang termasuk dalam soal HOTS salah satunya adalah bangun ruang. Dalam penelitian ini, materi bangun ruang menjadi acuan untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam menyelesaikan soal matematika dikarenakan materi bangun ruang dapat divariasikan menjadi beberapa kategori soal HOTS seperti menganalisis, mengevaluasi dan mengkreasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini hanya satu yaitu bagaimana deskripsi kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi bangun ruang siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kedungwuni. Berdasarkan rumusan masalah yang telah dipaparkan, dapat ditarik sebuah tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui dan menganalisis kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan soal matematika pada materi bangun ruang siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kedungwuni. Adapun kegunaan penelitian terbagi menjadi dua, yaitu kegunaan teoritis dan kegunaan praktis. Kegunaan teoritis berkaitan dengan harapan peneliti agar penelitian yang telah dilakukan dapat menjadi tambahan pengalaman dan pengetahuan dalam menganalisis kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa serta dapat menjadi landasan dalam mengembangkan pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS), sedangkan kegunaan praktis berkaitan dengan harapan peneliti agar penelitian yang telah dilakukan dapat bermanfaat bagi siswa, guru dan sekolah tempat penelitian berlangsung. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Peneliti melakukan pengamatan secara langsung di lapangan untuk memperoleh data dari pemberian tes tertulis dan wawancara terhadap siswa. Subjek keseluruhan pemberian tes tertulis sebanyak 32 siswa tetapi dalam pelaksanaannya hanya dihadiri oleh 30 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Setelah pelaksanaan tes tertulis, peneliti melakukan pengelompokan siswa dengan kategori siswa berkemampuan tinggi (SBT), siswa berkemampuan sedang (SBS) dan siswa berkemampuan rendah (SBR). Masing-masing perwakilan kelompok di ambil satu siswa untuk diwawancarai guna mengonfirmasi jawaban yang telah dikerjakan pada lembar jawaban soal. Teknik analisis data yang dilakukan antara lain reduksi data, pengumpulan dan penyajian data serta pengambilan kesimpulan.Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut : dari 30 siswa yang mengikuti penelitian, sebanyak 6 siswa atau 20% masuk ke dalam kategori siswa berkemampuan tinggi (SBT), sebanyak 18 siswa atau 60% masuk ke dalam kategori siswa berkemampuan sedang (SBS) dan sebanyak 6 siswa atau 20% masuk ke dalam kategori siswa berkemampuan rendah (SBR). Hasil yang telah diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa cukup baik, dikarenakan tingkat presentase siswa berkemampuan rendah lebih sedikit daripada siswa berkemampuan tinggi dan sedang. Adapun untuk kategori menganalisis (C4) ketiga subjek baik SBT, SBS dan SBR sudah mencapai pada tahap tersebut. Sedangkan untuk kategori mengevaluasi (C5) hanya SBT yang mampu mencapai tahap tersebut, SBS dan SBR belum mampu memberikan jawaban yang lengkap dan sesuai dengan jawaban yang seharusnya. Selanjutnya untuk kategori mengkreasi (C6) hanya SBT yang mampu mencapai tahap tersebut. SBS dan SBR tidak dapat menggunakan kemampuannya dalam mengkreasi dikarenakan ketidakmampuan kedua subjek dalam memulai perencanaan penyelesaian soal meskipun hanya sedikit.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNalim, NalimUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Soal Matematika, Bangun Ruang
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 27 Nov 2023 03:12
Last Modified: 27 Nov 2023 03:12
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5067

Actions (login required)

View Item View Item