Upaya meningkatkan keterampilan proses sains dengan metode eksperimen melalui sentra bahan alam (PTK di TK Muslimat NU Masyithoh 08) Kramatsari Kota Pekalongan)

Lutfiana, Lutfiana (2019) Upaya meningkatkan keterampilan proses sains dengan metode eksperimen melalui sentra bahan alam (PTK di TK Muslimat NU Masyithoh 08) Kramatsari Kota Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Keterampilan proses sains sangat penting dimiliki oleh anak sejak dini agar anak mendapatkan pengalaman belajar secara langsung. Untuk menunjang terjadinya proses tersebut, guru menggunakan metode eksperimen dalam meningkatkan keterampilan proses sains melalui sentra bahan alam. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan proses sains anak Kelompok B1 khususnya pada keterampilan mengamati (mengobservasi), mengklasifikasi (mengelompokkan), memprediksi (meramalkan), dan mengkomunikasikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi prasiklus keterampilan proses sains anak kelompok B1 sebelum diterapkan metode eksperimen melalui sentra bahan alam dan untuk menjelaskan apakah metode eksperimen melalui sentra bahan alam dapat meningkatkan keterampilan proses sains anak kelompok B1 TK Muslimat NU Masyithoh 08 Kramatsari Kota Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 3 pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Subyek yang diteliti adalah anak kelompok B1 TK Muslimat NU Masyithoh 08 Kramatsari yang berjumlah 15 anak, terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Obyek dalam penelitian ini adalah keterampilan proses sains anak melalui metode eksperimen di sentra bahan alam. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan proses sains anak Kelompok B TK Muslimat NU Masyithoh 08 Kramatsari Kota Pekalongan. Peningkatan keterampilan proses sains dapat dilihat saat prasiklus dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) 0% (tidak ada), Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 6,7%, Mulai Berkembang (MB) 13,3%, dan Belum Berkembang (BB) 80,0%. Kemudian meningkat pada siklus I yaitu Berkembang Sangat Baik (BSB) 13,3%, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 15,5%, Mulai Berkembang (MB) 42,2%, dan Belum Berkembang (BB) 28,9%. Siklus II:terus meningkat dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) menjadi 53,3%, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 26,5%, Mulai Berkembang (MB) 16,6%, dan Belum Berkembang (BB) hanya 3,3%. Dengan demikian, keterampilan proses sains pada anak Kelompok B1 TK Muslimat NU Masyithoh 08 Kramatsari kota Pekalongan dapat ditingkatkan dengan metode eksperimen melalui sentra bahan alam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFadhilah, NingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Keterampilan Proses Sains, Metode Eksperimen, Sentra Bahan Alam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 16 May 2020 05:10
Last Modified: 16 May 2020 05:10
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/511

Actions (login required)

View Item View Item