Analisis Pemikiran Imam Al-Ghazali Mengenai Etika Bisnis Dalam Kitab Ihya’ Ulumiddin Terhadap E-Commerce Lazada

Zidny, Muhamad Irfan (2023) Analisis Pemikiran Imam Al-Ghazali Mengenai Etika Bisnis Dalam Kitab Ihya’ Ulumiddin Terhadap E-Commerce Lazada. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4119133_MUHAMAD IRFAN ZIDNY_COVER-BAB I-BAB V- DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (6MB)
[img] Text
4119133_MUHAMAD IRFAN ZIDNY_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penemuan internet merupakan sebuah penemuan yang berdampak besar bagi masyarakat. Manfaat dari adanya internet bisa dirasakan dalam dunia ekonomi, salahsatunya memunculkan transaksi jual beli online. Dalam perkembangan dunia jual beli online haruslah tetap di landasi dengan nilai-nilai keislaman khususnya yang terkandung dalam kitab Ihya’ Ulumiddin supaya segala bentuk perilaku yang di jalankan oleh penjual dan pembeli khususnya bisa tergolong dalam transaksi yang sehat yang akan menghantarkan ke konsep maslahat sehinggan bisa saling mendapatkan berkah. Oleh karena itu, penelitian ini mencoba menghubungkan nilai-nilai etika bisnis yang terkandung dalam kitab ihya’ ulumiddin dengan E-Commerce khusunya platform Lazada guna membahas mengenai perilaku maupun regulasi yang sesuai dengan etika bisnis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pustaka (library research). Sumber data primer penelitian ini adalah kitab Ihya’ ulumiddin Juz 2 yang di terbitkan oleh Dar Al-Kotob Al-Ilmiyah Beirut, Lebanon Tahun 1971. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan metode analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Etika Bisnis menurut kitab Ihya’ Ulumiddin yang terkait dengan dunia jual beli online dan sesuai dengan regulasi Lazada antara lain tidak memuji barang yang di jualnya dngan pujian yang tidak sebenarnya, tidak menyembunyikan sedikitpun tentang kadarnya, membatalkan transaksi saat penjual mendapatkan penyesalan, mempermudah ketika transaksi. Namun regulasi Lazada belum ada yang mengatur mengenai etika membatasi keuntungan. Nilai-nilai tersebut bisa dijadikan prinsip bagi pelaku bisnis online dalam berjualan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMa'sum, Muh HafidzUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-Commerce, Etika Bisnis, Teknologi, Ihya’ Ulumidin
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 27 Nov 2023 07:17
Last Modified: 27 Nov 2023 07:17
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5111

Actions (login required)

View Item View Item