Rifvita, Nita (2023) Upaya Guru Dalam Pembentukan Karakter Religius Pada Siswa Di Smk Muhammadiyah Bojong. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2119362_COVER_BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2119362_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Rifvita, Nita. 2023. Upaya Guru dalam Pembentukan Karakter Religius pada Siswa di SMK Muhammadiyah Bojong. Skripsi Program Studi Tarbiyah dan Ilmu Keguruan/Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Dr. Hj. Nur Khasanah, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi sebab ada beberapa pembiasaan yang dilakukan di SMK Muhammadiyah Bojong seperti tadarus bersama sebelum proses pembelajaran dilaksanakan. Kemudian di jam istirahat siswa dianjurkan untuk melaksanakan sholat sunnah dhuha serta wajib melaksanakan sholat dhuhur berjamaah di masjid SMK Muhammadiyah Bojong. Kemudian ditemukan faktual yang menarik untuk diteliti seperti ada beberapa siswa yang datang terlambat sehingga tidak mengikuti pembiasaan tadarus bersama, serta ada siswa yang kurang antusias melakukan sholat berjamaah yang wajib dilaksanakan siswa. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan upaya guru dalam pembentukan karakter religius pada siswa di SMK Muhammadiyah Bojong dan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembentukan karakter religius pada siswa di SMK Muhammadiyah Bojong. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan model penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan di tempat terjadinya gejala-gejala yang diselidiki dan merupakan penelitian yang mendalam. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru dalam pembentukan karakter religius pada siswa di SMK Muhammadiyah Bojong telah sesuai dengan tahapan dan strategi yang terlaksana dengan berbagai macam variasi dengan menyesuaikan situasi dan kondisi, guru mampu menanamkan nilai-nilai karakter religius dengan metode pembiasaan di sekolah memiliki cara tersendiri untuk mencapai keberhasilan dalam meningkatkan karakter religius pada siswa. Pembiasaan tersebut yaitu dengan melaksanakan sholat dhuha dan mewajibkan siswa sholat dzuhur berjamaah, tadarus al-Qur’an juz 30 (Juz amma) sebelum pembelajaran berlangsung, infak rutin, serta membudayakan perilaku 3S (Senyum, Sapa, Salam). Serta faktor-faktor yang menjadi pendukung upaya guru dalam pembentukan karakter religius pada siswa di SMK Muhammadiyah Bojong adalah dorongan dari diri sendiri untuk lebih mengenal Tuhan dan dari lingkungan sekolah dengan ketersediaan sarana dan prasarananya. Sedangkan faktor penghambatnya adalah lingkungan pergaulan dengan teman sebaya dan ada banyak siswa yang bukan lulusan dari madrasah
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Upaya Guru, Pembentukan, Karakter Religius | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 27 Nov 2023 07:33 | ||||||||
Last Modified: | 27 Nov 2023 07:33 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5120 |
Actions (login required)
View Item |