Fitriyana, Lisa (2023) Bimbingan Islami Dalam Menanamkan Perilaku Keagamaan Pada Tunagrahita Mampu Didik Di Sekolah Luar Biasa Negeri Wiradesa. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid.
Text
3519015_COVER_BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
3519015_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Fitriyana, Lisa. 2023. Bimbingan Islami dalam Menanamkan Perilaku Keagamaan Tunagrahita Mampu Didik di Sekolah Luar Biasa Negeri Wiradesa. Skripsi Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah. Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Annisa Mutohharoh, M.Psi. Perilaku keagamaan tentunya sangat penting dalam kehidupan manusia, khususnya dikalangan remaja. Tidak hanya remaja yang normal saja, anak berkebutuhan khusus juga memerlukan bimbingan dalam menanamkan perilaku keagamaan. Salah satunya yaitu remaja tunagrahita. Solusi membantu remaja tunagrahita mampu didik dalam menanamkan perilaku keagamaan di Sekolah Luar Biasa Negeri Wiradesa melalui bimbingan islami. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana perilaku keagamaan pada tunagrahita mampu didik di SLB Negeri Wiradesa? dan Bagaimana bimbingan islami dalam menanamkan perilaku keagamaan pada tunagrahita mampu didik di SLB Negeri Wiradesa?. Tujuan penelitian Untuk mengetahui perilaku keagamaan pada tunagrahita mampu didik di SLB Negeri Wiradesa. Jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Menggunakan teknik analisis data menurut teori Robbert K-Yin berupa penjodohan data, aksplanasi data, dan analisis deret dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku keagamaan yang ditunjukkan oleh tunagrahita mampu didik di SLB Negeri Wiradesa adalah akidah belum terlihat hanya batas mengetahui Allah dan Nabi, ibadah mengalami perubahan yang positif yaitu rajin sholat, hafal doa-doa pendek dan berpuasa penuh selama Bulan Ramadhan, serta akhlak menunjukkan perubahan dimana suka menolong antar sesama, menghormati orang yang lebih tua, dan mempunyai sopan santun. Adapun kegiatan bimbingan islami dapat membantu perilaku keagamaan dengan metode pembiasaan melalui pembiasaan sholat dzuhur berjamaah dan pembiasaan membaca juz amma yang dapat menanamkan aspek ibadah, metode ceramah melalui pelaksanaan pembiasaan menghomati orang tua, sopan santun, dan saling menolong yang dapat menanamkan aspek akhlak. Sedangkan kegiatan bimbingan islami untuk membantu menanamkan aspek akidah masih kurang karena hanya menonton film.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Bimbingan Islami, Perilaku Keagamaan, Tunagrahita Mampu Didik | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 27 Nov 2023 09:04 | ||||||||
Last Modified: | 27 Nov 2023 09:05 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5125 |
Actions (login required)
View Item |