Harir, Muhammad (2017) Implementasi pembelajaran baca tulis al-qur'an (BTQ) pada siswa tunagrahita ringan di SMP kelas VIII SLBN Batang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.
Other (Thesis)
2021212034 MUHAMMAD HARIR BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (13MB) |
|
Other (Thesis)
2021212034 MUHAMMAD HARIR BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (32MB) |
Abstract
Pembelajaran pada siswa Tunagrahita membutuhkan strategi tersendiri sesuai dengan kebutuhan masing-masing, dalam penyusunan program pembelajaran untuk setiap bidang studi hendaknya guru sudah memiliki data pribadi setiap peserta didiknya. Data pribadi yakni berkaitan dengan karakteristik spesifik, kemampuan dan kelemahannya,kompetensi yang dimiliki, tingkat perkembangannya. Tujuannya agar saat memprogramkan pembelajaran sudah dipikirkan mengenai bentuk strategi pembelajaran yang dianggap tepat guna mengatasi kesulitan belajar siswa Tungrahita. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi pembelajaran baca tulis Al-Qur'an (BTQ) pada siSwa Tunagrahita ringan di SMP kelas VIII SLBN Batang? Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat implementasi pembelajaran baca tulis Al-Qur'an (BTQ) pada siswa Tunagrahita ringan di SMP kelas Vlll SLBN Batang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran baca tulis Al-Qur'an (BTQ) pada siswa Tunagrahita ringan di SMP kelas VIII SLBN Batang, untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat implementasi pembelajaran baca tulis Al-Qur'an (BTQ) pada siswa Tunagrahitaringan di SNIP kelas VILI SLBN Batang Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif Teknik pengumpulan data menggunakan metode interview, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis data yang ada, akan digunakan analisis data kualitatif dengan metode deskriptif analisis Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pembelajaran baca tulis Al-Qur'an (BTQ) pada siSwa tunagrahita ringan di SMP kelas VIII SLBN Batang melalui tiga tahap, yakni: Pertama, Tahap Pembelajaran Awal, meliputi: Mengecek kesiapan siswa, Mempersiapkan alat peraga dan sarana, Mempersiapkan tabel observasi dan penilaian siswa, Memperhatikan tempat duduk siswa dengan nyaman, Membagi siswa ke dalam beberapa kelompok kecil. Kedua, Tahap Pembelajaran Inti, metode yang digunakan adalah metode basic learning berkelompok, metode mengurutkan huruf hijaiyah, metode drill, metode praktek dilakukan secara berganti-ganti dan metode iqra. Ketiga, Tahap Pembelajaran Akhir, dilakukan dengan cara melakukan obervasi dan penilaian terhadap daya serap siswa yang dituangkan dalam tabel observasi dan penilaian. 2) Faktor yang mendukung implementasi pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an (BTQ) pada siswa Tunagrahita ringan di SMP kelas VIII SLBN Batang, antara lain: dukungan dari guru dan orang tua siswa, semangat belajar dari siswa, adanya alat peraga, sarana dan prasarana yang mendukung. Sedangkan faktor yang menghambat, antara lain: tingkat kecerdasan atau keterbatasan intelegensi yang berbeda-beda pada setiap siswa, keterbatasan sosial anak, jenis ketunaan yang berbeda-beda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran baca tulis al-qur'an, tunagrahita | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Nani Nuryani | ||||||||
Date Deposited: | 27 Nov 2023 07:25 | ||||||||
Last Modified: | 27 Nov 2023 07:25 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5134 |
Actions (login required)
View Item |