Hidayah, Nur (2016) Implementasi pembelajaran baca tulis Al-Quran (BTQ) peserta didik tunadaksa di Sekolah Dasar Luar Biasa Persatuan Rakyat Indonesia (SDLB PRI) Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.
Other (Thesis)
2021212047 NUR HIDAYAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (13MB) |
|
Other (Thesis)
2021212047 NUR HIDAYAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (28MB) |
Abstract
Baca Tulis Al-Quran (BTQ) merupakan salah satu mata pelajaran yang masuk dalam kurikulum muatan lokal, pentingnya mata pelajaran BTQ ini karena banyak lulusan sekolah dasar yang belum lancar membaca Al-Quran bahkan sama sekali ada yang belum mengenal huruf Al-Quran. Hal ini menimbulkan keprihatinan dari semua pihak baik orang tua, guru, dan masyarakat. Di SDLB PRI kota Pekalongan yang mempakaan sekolah untuk anak-anak penyandang ketunaan menerapkan pembelajaran BTQ, seperti halnya peserla didik tunadaksa (cacat fisik) yang kemampuan IQ nya sama dengan anak normal pada umumnya mereka diajarkan BTQ agar dapat membaca dan menulis humf-hurufAl-Quran karena jika peseña didik tidak diajarkan hal tersebut maka akan kesulitan dalam mempelajari ilmu-ilmu agama yang bersumber dari hadis dan Al-Quran. Dari uraian diatas perumusannya yaitu: (l) Bagaimana implementasi pembelajaran BTQ peserta didik tunadaksa di SDLB PRI Kota Pekalongan? (2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran BTQ peserta didik tunadaksa di SDLB PRI Kota Pekalongan? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui implementasi pembelajaran BTQ di SDLB PRI kota Pekalongan (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Implementasi pembelajaran BTQ peseña didik tunadaksa di SDLB pRI Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research), metode yang digunakan untuk mendapatkan data penelitian ini, penulis menggunakan metode observasi, metode interview (wawancara) dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan metode induktif. Hasil penelitian ini yaitu implementasi pembelajaran BTQ peserta didik tunadaksa di SDLB PRI Kota Pekalongan terlaksana dengan baik, dengan menggunakan metode seperli, ceramah, tanyajawab, dan drill, karena itu metode yang digunakan harus sesuai dengan tujuan. Tujuan tersebuat yaitu peserla didik dapat membaca dan menulis huruf-hutuf Al-Quran dengan baik dan lancar, untuk mencapai tujuan ada faktor pendukung dan penghambat. Adapun faktor pendukungnya antara lain: Adanya pelaksanaan pembelajaran khusus yaitu dengan materi dibuat ringan, interaksi antara guru dan murid terjalin dengan baik, suasana pembelajaran BTQ berjalan kondusif, fasilitas di SDLB PRI Kota Pekalongan sudah memadai dan guru mudah dalam menggunakan metode karena peserta didik tunadaksa seperti peserta didik pada umumnya. Sedang faktor penghambatnya meliputi: adanya keterbatasan fisik peserta didik, motivasi belajar yang tidak stabil, Perbedaan daya tangkap pesefla didik, perencanaan pembelajaran yang kurang sesuai, minimnya sumber belajar, kurangnya dorongan orangtua, terbatasnya Waktu pembelajaran dan terbatasnya tenaga pengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | BTQ, SDLB PRI | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Nani Nuryani | ||||||||
Date Deposited: | 27 Nov 2023 08:26 | ||||||||
Last Modified: | 27 Nov 2023 08:26 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5151 |
Actions (login required)
View Item |