Maslikha, Maslikha (2023) Penerapan teknik komunikasi persuasif Gus Aldi dalam menyampaikan dakwah melalui akun youtube. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
3419015_Cover_Bab I dan Bbab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
3419015_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Di era digital saat ini, teknologi informasi dan komunikasi berkembang sangat pesat. Penggunaaan media social semakin marak. Media sosial kerap kali digunakan sebagai wadah kreatifitas dan membuat berbagai macam konten-konten yang menarik minat penggunannya, contohnya konten dakwah. Media dakwah secara online banyak digandrungi oleh masyarakat saat ini karena kemudahannya yang dapat diakses secara terus menerus. Penggunaan media dakwah secara online saat ini banyak dilakukan oleh para da’i, salah satunya yang dilakukan oleh Muhammad Aldiyansyah. Dia menggunakan YouTube sebagai media dakwahnya. Dia menggunakan akun Gus Aldi untuk menyebarkan dakwah-dakwahnya. Komunikasi persuasive yang digunakannya mampu menarik minat para pengguna YouTuube untuk melihat kontennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Teknik komunikasi persuasif yang digunakan Gus Aldi sebagai media dakwah. Penelitian ini menggunkan paradigma kontrukstivisme dengan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Adapun sumber data yang diperoleh yaitu sumber data primer yang bersumber dari akun YouTuube gus Aldi dan sumber data sekunder yang bersumber dari data pendukung untuk menguatkan penjelasan yang diteliti berasal dari buku, jurnal, dan data pendukung lainnya. Metode pengumpulan data dengan cara mengobservasi akun YouTuube Gus Aldi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan milik Milles and Huberman yang mempunyai 4 tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Dari hail penelitian data ditarik kesimpulan yaitu pertama, akun YouTube Gus Aldi dapat dikatakan sebagai media dakwah, karena konten yang diunggah mengandung dakwah islam yang bersumber dari Al-qur’an dan hadis. Akun tersebut mengandung unsur-unsur dakwah berupa Muhammad Aldiyansyah sebagai da’i, viewers-nya sebagai mad’u, materi dakwah berasal dari dalil-dalil yang berasal dari Al-qur’an dan hadis. Media berupa media audio visual yaitu YouTuube dan Muhammad Aldiyansyah menggunakan lisan dalam menyampaikan dakwahnya. Metode dakwah yang digunakan adalah Al-Hikmah. Efek yang ditimbulkan bisa dilihat dari komentar pada akun tersebut. Kedua, Teknik komunikasi yang digunakan adalah meliputi Teknik asosiasi, Teknik integritas, Teknik ganjaran (pay off and fear arousing), Teknik Red hirring dan Teknik tataan
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | YouTube, komunikasi persuasif, media dakwah | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2023 03:30 | ||||||||
Last Modified: | 30 Jan 2024 05:09 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5181 |
Actions (login required)
View Item |