Strategi Dakwah Kreatif Pada Akun Tiktok @Bagussuhar

Ma'sum, Ali (2023) Strategi Dakwah Kreatif Pada Akun Tiktok @Bagussuhar. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3419086_Bab I _dan_Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3419086_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Media sosial menjadi salah satu jalan alternatif dalam penyampaian dakwah di masa sekarang, hal ini sejalan dengan perkembangan teknologi yang begitu luas sehingga mampu menjangkau dan menyebarluaskan informasi dengan tidak terikat oleh tempat dan waktu. Banyak da’i yang mulai menggunakan media sosial sebagai media dakwahnya, salah satunya yaitu Bagus Suhar. Bagus Suhar memanfaatkan media sosial sebagai media dakwahnya khususnya media sosial tiktok. Dalam konten dakwahnya, bagus Suhar memberikan tontonan yang menarik sebagai salah satu strateginya dalam menarik penonton. Strategi Bagus Suhar dalam memberikan tontonan beserta tuntunan di wujudkan dengan penyampaian dakwah melalui animasi kakek tiktok, sedangkan untuk tema yang diangkat dalam setiap kontennya berisi isu-isu yang beredar di media sosial yang menyinggung ajaran agama serta tren yang beredar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian di analisis menggunakan teori four p’s creativity Mell Rhodes. Berdasarkan pada penelitian dan pembahasan mengenai penelitian “Strategi Dakwah Kreatif pada Akun Tikton @Bagussuhar”, konten animasi kakek tiktok di dalamanya mencakup 4 dimensi kreativitas berdasarkan dengan teori Mell Rhodes. Dimensi kreativitas tersebut adalah Person, Bagus Suhartawan selaku inisiator utama dalam pembuatan konten dakwah dalam akun kakek tiktok. Dimensi process, Riset dan analisis terhadap trend atau video yang kurang pantas atau bertentangan syariat maupun norma setelah itu, penulisan script video pesan dakwah oleh Bagus Suhar guna meluruskan trend yang kurang pantas dalam bentuk kritik umum, dan pembuatan animasi serta penentuan karakter yang digunakan. Bersamaan dengan itu juga dilakukan voice over mengenai script pesan dakwah. Dalam dimensi press, terdapat faktor internal dan eksternal, meliputi: faktor internal sendiri memiliki bakat untuk membuat script drama yang ia kembangkan menjadi script dakwah dan juga peniruan suara kakek yang ia dapatkan di sanggar teater saat kuliah dulu. Sedangkan faktor eksternalnya pemilihan media tiktok sebgai media dakwah dimaksudkan kepada sasaran mad’unya yaitu anak remaja. Dan terakhir dimensi product, konten yang diunggah sudah banyak mencapai 508 postingan pada 1 Oktober 2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorArdiansyah, HanifUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Dakwah, Media Dakwah, Animasi, The Four P’S of Creativity
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 290 Other Religions (Agama Selain Kristen) > 297.74 Da'wah/Dakwah Islam, Penyebaran Islam
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.21 Pelaku Dakwah
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 28 Nov 2023 03:04
Last Modified: 28 Nov 2023 03:04
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5187

Actions (login required)

View Item View Item