Pengaruh kemampuan kognitif fikih terhadap pengamalan shalat dzuhur berjamaah siswa MTs Al-Hikmah Tangkil Kulon Kedungwuni tahun ajaran 2015/2016

Susanto, Heri (2016) Pengaruh kemampuan kognitif fikih terhadap pengamalan shalat dzuhur berjamaah siswa MTs Al-Hikmah Tangkil Kulon Kedungwuni tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021212083 HERI SUSANTO BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (14MB)
[img] Other (Thesis)
2021212083 HERI SUSANTO BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (29MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kemampuan Kognitif fikih siswa sangat berperan dalam sikap keagamaan siswa, khususnya dalam pengamalan shalat berjamaah. Semakin tinggi pengetahuan siswa terhadap mata pelajaran fikih, maka diharapkan semakin tinggi pula sikap keagamaan pada diri siswa. Berdasarkan pendapat diatas, maka dirumuskan permasalahan yaitu: 1) Bagaimana kemampuan kognitif fikih siswa di mts AL-hikmah Tangkil kulon kecamatan Kedungwuni? 2) Bagaimana pengamalan sholat dzuhur berjamaah siswa di mts AL-hikmah tangkil kulon kecamatan Kedungwuni? 3) Adakah pengaruh dari kemampuan kognitif fikih terhadap pengamalan shalat dzuhur berjamaah siswa di mts AL-hikmah tangkil kulon kecamatan kedungwuni? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui l) Kemampuan Kognitif Fikih siswa MTs Al-Hikmah Tangkil Kulon Kec Kedungwuni pada mapel Fikih, 2) Pengamalan sholat ndzuhur berjamaah siswa MTs Al-Hikmah Tangkil Kulon Kec Kedungwuni, 3) Besarnya pengaruh kemampuan kognitif fikih terhadap pengamalan Shalat ndzuhur berjamaah siswa MTs Al-Hikmah Tangkil Kulon Kec Kedungwuni. Sedangkan kegunaan penelitian ini secara teoritis, peneletian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan dan mutu pendidikan islam, dapat memperkaya dan khazanah keilmuan dalam bidang pendidikan Fikih. Secara praktis. Bagi kepala sekolah sebagai bahan masukan dalam menentukan kebijakan sekolah khususnya dalam pelaksanaan shalat berjamaah. Bagi pendidik diharapkan mampu meningkatkan kemampuan kognitif fikih serta membimbing siswa dalam pengamalan shalat berjamaah. Bagi peserta didik, agar termotivasi untuk lebih giat belajar dan berusaha meningkatkan pengamalan shalat berjamaahnya Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif. Tehnik pengumpulan datanya adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS. 15. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan kognitif fikih tidak berpengaruh terhadap pengamalan shalat dzuhur berjamaah siswa mts alhikmah Tangkil Kulon kedungwuni. Hal itu terbukti dengan hasil perhitungan analisis regresi diperoleh nilai ttest = 1,618 Pada tingkat signifikan 1% nilai ttabel = 2,637 maka Gest < ttabel = 1,618 < 2,637, maka Ho diterima dan Ha ditolak. Sedangkan pada tingkat kesalahan 5% nilai ttest = 1,618 Pada tingkat signifikan 5% nilai ttabel = 1,989 maka ttest < ttabel = 1,618 < 1,989 , maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka hipotesis yang peneliti ajukan yaitu: "Bahwa terdapat pengaruh gntara kemampuan kognitif fikih terhadap pengamalan Shalat dzuhur berjamaah siswa MTs Al-Hikmah Tangkil Kulon” ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSalafudin, SalafudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan kognitif, fikih, shalat dzuhur berjamaah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 28 Nov 2023 03:41
Last Modified: 28 Nov 2023 03:41
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5198

Actions (login required)

View Item View Item