Ziadah, Nila Syifa (2023) Implementasi Model Pembelajaran Teams Game Tournament (Tgt) Berbantuan Quizizz Paper Mode Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Vii Smp N 2 Petarukan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2619083_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (6MB) |
|
Text
2619083_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Nila Syifa Ziadah. 2023. Implementasi Model Pembelajaran Matematika Teams Game Tournament (TGT) Berbantuan Quizizz Papermode Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP N 2 Petarukan. Skripsi Program Studi Tadris Matematika FAkultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Abdurrahman Wahid Pekalongan. Heni Lilia Dewi, M.Pd. Motivasi belajar matematika siswa cenderung rendah ketika pembelajaran yang dilakkan hanya dengan penyampaian materi dan untuk menguji tingkat pemahaman siswa dengan memberikan latihan soal. Matematika sendiri sudah dilabelkan oleh sebagian besar siswa dengan mata pelajaran yang sulit. Terlebih lagi dengan kegiatan pembelajaran yang monoton membuat siswa merasa bosan sehingga siswa merasa tidak tertantang dengan setiap kegiatan belajar khususnya matematika pada setiap pertemuannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan Teams Game Tournament (TGT) berbantuan quizizz papermode di kelas VII SMP N 2 Petarukan? dan apakah model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) berbantuan quizizz paper mode efektif terhadap motivasi belajar siswa kelas VII SMP N 2 Petarukan? Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas VII A dan kelas VII C. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner sebanyak 23 pertanyaan. Analisis data yang digunakan yaitu uji statistik deskriptif, uji asumsi (uji normalitas, uji homogenitas) dan uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pada penerapan model pembelajaran teams game tournament berbantuan quizizz paper mode di kelas VII A yaitu kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa melalui angket motivasi menghasilkan rata-rata 76,56 dan berada pada kriteria “sangat tinggi” jika dibandingan dengan kelas VII C atau kontrol yakni dengan menggunakan pembelajaran konvensional dengan jumlah 32 siswa, melalui kuesioner motivasi belajar menghasilkan rata-rata 62,66 dan berada pada kriteria “rendah”. 2) Terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikan dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis independent sample t-test dengan perolehan nilai Sig.(2 tailed) yaitu 0,000 yang artinya Sig.(2 tailed) < 0,05. Dari penelitian diatas, diharapkan untuk peneliti selanjutnya untuk mengkaji lebih dalam mengenai model pembelajaran yang diterapkan kepada siswa agar lebih meningkatkana motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Teams Game Tournament (TGT), Quizizz Papermode, Motivasi belajar siswa. | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2023 08:57 | ||||||||
Last Modified: | 28 Nov 2023 08:57 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5259 |
Actions (login required)
View Item |