Basori, Ahmad (2015) Metode pembelajaran BTQ pada siswa kelas III MI Al Futuhiyyah Sumurkidang Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.
Other (Thesis)
2021310092 AHMAD BASORI BAB I, V, LAMPIRAN_1.PDF Download (5MB) |
|
Other (Thesis)
2021310092 AHMAD BASORI BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (15MB) |
Abstract
Mata pelajaran Baca Tulis Al-Qur'an atau disingkat BTQ merupakan Salah satu pelajaran muatan lokal yang menekankan pada kompetensi kemampuan siswa dalam membaca dan menulis Al-Qur'an dengan benar sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu tajwid. Dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur'an kita akan menghadapi problem yang tidak sedikit dan sederhana. Diantara problem yang dihadapi adalah input siswa beragam, jumlah jam pelajaran, guru, sarana, dan prasarana metode pembelajaran baca tulis Al-Qur'an yang dilaksanakan guru masih terbatas dan kurang bervariasi, kebanyakan para guru masih menggunakan metode konvensional diantaranya adalah ceramah dan demontrasi saja, pada sisi siswajuga bænyak mengalami kebosanan karena rata-rata dibebani dengan hafalanhafalan yang berkaitan dengan materi BTQ. Permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran BTQ sebagaimana telah diuraikan di atas membutuhkan pemecahan, dari sisi guru perlu ada terobosan dan inovasi baru dalam melaksanakan pembelajaran yang Iebih bermakna sehingga hasilnya sesuai dengan harapan, Salah satu inovasi yang dilakukan dalam pembelajaran BTQ tersebut adalah pemilihan metode yang tepat dan beragam dalam kegiatan pembelajaran, dengan memadukan metode tradisional misalnya hapalan dengan metode-metode Iain yang berorientasi pada teljadinya proses pembelajaran yang bermakna, danjuga perlu didukung dengan adanya penggunaan media pembelajaran yang tepat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1). Bagaimana penerapan metode pembelajaran BTQ pada siswa kelas Ill Ml Al Futuhiyyah Sumurkidang Kecamatan Bantarbolang Kabupaten pemalang? 2). Bagaimana problematika dalam penerapan metode pembelajaran BTQ pada siswa kelas Ill Al Futuhiyyah Sumurkidang Kecamatan Bantarbolang Kabupaten pemalang?. 3). Bagaimana pemecahan masalah problematika penerapan metode pembelajaran BTQ pada siswa kelas III MI Al Futuhiyyah Sumurkidang Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dengan tiga macam metode, yaitu metode observasi, metode interview, dan metode dokumentasi. Metode analisis data dengan deskriptif analisis, analisis data dalam penelitian ini bersifat desla-iptif dan analisis kritis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : dalam pelaksanaannya pembelajaran mata pelajaran BTQ disamping menggunakan metode konvensional juga telah memadukan metode inkonvensional, diantaranya metode reading guide, metode drill dan metode modeling. Masalah yang dihadapai dan pemecahannya diantaranya, kekurangan jam di siasati dengan melaksanakan pembelajaran di luar jam pelajaran, masalah kelemahan dalarn pelaksanaan metode dipecahkan dengan melaksanakan kerjasama antar guru untuk melakukan sharing dalam praktek pembelajaran, melakukan peer teaching dan Iain sebagainya. Kelemahan dalam keterbatasan sarana dan prasarana di siasati dengan memaksimalkan dana BOS madrasah dengan efektif dan efesien dan memaksimalkan kreatifitas guru dalam membuat media pembelajaran. Adapun masalah yang berkaitan dengan masih adanya siswa yang hanya belajar di sekolah saja dan tidak melakukan pendampingan pembelajaran al-Qur'an di rumah solusinya dengan mengundang orangtua siswa untuk memberikan pengarahan akan pentingnya kerjasama dalam menjalankan peran dan fungsi pendidikan anak dan bekerjasama dengan tokoh masyarakat dan agama untuk melakukan sosialisasi pentingnya pendidikan di lumah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran BTQ, metode | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Nani Nuryani | ||||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2023 07:35 | ||||||||
Last Modified: | 28 Nov 2023 07:35 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5292 |
Actions (login required)
View Item |