Strategi peningkatan jumlah nasabah pada produk simpanan qurban (SISUQUR) di KJKS BMT AN Najah Wiradesa Kabupaten Pekalongan

Fitriyanti, Diah Irma (2016) Strategi peningkatan jumlah nasabah pada produk simpanan qurban (SISUQUR) di KJKS BMT AN Najah Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.

[img] Text
2012113031 DIAH IRMA FITRIYANTI BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (9MB)
[img] Text
2012113031 DIAH IRMA FITRIYANTI BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (21MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Simpanan qurban (Sisuqur) merupakan simpanan pribadi yang penyetorannya setiap bulan atau setiap minggu sesuai perjanjian dengan nominal tertentu yang secara akumulatif bisa digunakan untuk membeli hewan qurban baik secara tunai atau dalam bentuk hewan qurban. Simpanan qurban (Sisuqur) termasuk kedalam simpanan yang berorientasi sosial. Artinya, yang merasakan manfaat secara langsung dari produk tersebut adalah orang lain (penerima qurban), sedangkan bagi orang yang berqurban lebih kepada manfaat secara batiniah, yaitu sebagai wujud ketaatan kepada perintah Allah. Salah satu prinsip ekonomi yang merupakan keputusan individu dalam melakukan kegiatan ekonomi adalah orang rasional yang berfikir pada suatu margin (keuntungan). Akan tetapi, BMT An-Najah Wiradesa Kabupaten Pekalongan mampu meningkatkan jumlah nasabah sisuqur tiap tahunnya. Meskipun secara rasional produk sisuqur tidak menhasilkan margin (keuntungan nyata bagi nasabah). Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu membahas tentang strategi. Kegunaan dalam penelitian ini ada dua, yaitu manfaat teoritis dan manfaat praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, Maka penulis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sebagai prosedur yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Sumber data diperoleh melalui sumber data primer, dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data menggunakan analisis data deskripif. Maka penulis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sebagai prosedur yang menghasilkan data deskriptif berupa data yang diperoleh dari interview langsung dengan Marketing, Manajer dan nasabah produk sisuqur KJKS BMT An-Najah Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Hasil penelitian KJKS BMT An-Najah dalam melakukan strateginya meningkatkan jumlah nasabah produk sisuqur yaitu menggunakan bauran pemasaran 7P+1 C, yaitu product, price, place, promotion, people, physical evidence, process, customer servise. Selain bauran pemasaran jasa tersebut, nasabah simpanan qurban (sisuqur)di KJKS BMT An-Najah hingga mencapai fase peiningkatan pada tahun 2015, menggunakan pelayanan jemput bola yang menimbulkan kepuasan nasabah serta strategi word to mouth hal tersebut juga efektif dalam pencapaian peningkatan jumlah nasabah KJKS BMT An-Najah Wiradesa Kabupaten Pekalongan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIsmanto, KuatUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nasabah,strategi,peningkatan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 28 Nov 2023 08:12
Last Modified: 28 Nov 2023 08:12
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5298

Actions (login required)

View Item View Item