Implementasi model pembelajaran problem based learning dalam pengajaran kitab riyadul badi’ah di Pondok Pesantren Al Utsmani Kajen Kabupaten Pekalongan

Rohmah, Fatikha Tur (2023) Implementasi model pembelajaran problem based learning dalam pengajaran kitab riyadul badi’ah di Pondok Pesantren Al Utsmani Kajen Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119340_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2119340_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Fatikha Tur Rohmah 2023. Implementasi Model Pembelajarn Problem based learning dalam pengajaran kitab Riyadul Badi’ah di Pondok Pesantren Al-utsmani Kajen Kabupaten Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Islam Negeri KH Abdrurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing Mohammad Syaifuddin M.Pd Dalam proses pembelajaran, model pembelajaran mempunyai andil yang cukup besar agar dapat tercapainya tujuan dari pendidikan. Dalam praktiknya, pendidikan di Pesantren menjelajahi pemikiran para santri melalui berbagai teori dan hafalan saja dinilai kurang efektif sehingga perlu adanya model pembelajaran yang dapat memacu semangat belajar santri agar santri lebih mudah memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru. Sala satu model pembelajaran tersebut yaitu model pembelajaran problem based learning. Model problem based learning merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat membantu santri untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritisnya untuk memcahkan permasalahan yang terjadi didalam masyarakat Rumusan masalah yaitu bagaimana Implementasi Model Pembelajaran Problem based learning dalam pengajaran kitab Riyadul Badi’ah di Pondok Pesantren Al-Utsmani Kajen Kabupaten Pekalongan? bagaimana Implikasi Model Pembelajaran Problem based learning dalam pengajaran kitab Riyadul Badi’ah di Pondok Pesantren Al-Utsmani Kajen Kabupaten Pekalongan? Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana Implementasi dan Implikasi Model Pembelajaran Problem based learning dalam pengajaran kitab Riyadul Badi’ah di Pondok Pesantren Al-Utsmani Kajen Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (fied research), dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang dilakukan secara interaktif melalui tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Problem based learning dalam pengajaran kitab Riyadul Badi’ah di Pondok Pesantren Al-Utsmani Kajen Kabupaten Pekalongan yang di laksanakan di kelas 3 Ibtidaiyah. Dalam pelaksanaannya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Sedangkan implikasi dari pembelajaran ini yaitu dapat menambah wawasan serta pengetahuan santri lebih dalam lagi tentang isi dari kitab tersebut yang mana dengan terbangunnya pemahaman santri ini akan memudahkan santri untuk menerapkan maupun mengamalkan ilmu yang dipelajarainya kedalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyaifuddin, MohammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Riyadul Badi’ah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 29 Nov 2023 04:12
Last Modified: 26 Jan 2024 10:16
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5311

Actions (login required)

View Item View Item