Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal

Asiyah, St. Nur (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
St. Nur Asiyah (2618002) Bab I-V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
St. Nur Asiyah (2618002) Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sukar, membosankan, dan bisa dikatakan menakutkan. Hal tersebut terlihat dari rendahnya prestasi hasil belajar matematika yang diperoleh rata-rata siswa di semua tingkat pendidikan. Pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat dapat mempengaruhi prestasi belajar yang rendah, peserta didik bersikap pasif, dan pendidik cenderung mendominasi sehingga peserta didik kurang mandiri. Maka dari itu diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan partisipasi dan aktivitas siswa pada kegiatan pembelajaran salah satunya yaitu model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Berdasarkan latar belakang tersebut maka dikemukakan rumusan masalah sebagai berikut: “Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation di kelas VIII SMP Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal? Serta apakah terdapat peningkatan pada hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation di kelas VIII SMP Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal?”. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan peningkatan hasil belajar matematika setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Penelitian ini merupakan penelitian quasi, desain nonequivalent control group design dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini yaitu semua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Balapulang yang berjumlah 284. Sampel dari penelitian ini berjumlah 64 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan kelas kontrol menerapkan pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes yang meliputi pretest dan posttest dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Independent Samples t-Test. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation di kelas VIII SMP Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal berjalan dengan sangat baik. Pernyataan ini dibuktikan dari hasil data observasi aktivitas guru diperoleh skor rata rata 57,33 dengan persentase 95,5% dan hasil data observasi aktivitas siswa 56,33 dengan persentase 93,8% maka dikategorikan sangat baik. Serta terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation di kelas VIII SMP Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal. Pernyataan ini dibuktikan dari hasil data posttest diperoleh rata-rata posttest kelas eksperimen dan kontrol yaitu 81,25 dan 65,82 terlihat bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih baik dari nilai rata-rata kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPramesti, Santika Lya DiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Model pembelajaran, Kooperatif tipe group investigation, konvensional
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 29 Dec 2023 09:06
Last Modified: 29 Dec 2023 09:06
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5325

Actions (login required)

View Item View Item