Strategi Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Menggunakan Metode Abjad dan Suku Kata pada Peserta Didik Fase A Kelas I di SD Negeri Kalipucang Kulon Batang

Artiningsih, Fauziah (2023) Strategi Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Menggunakan Metode Abjad dan Suku Kata pada Peserta Didik Fase A Kelas I di SD Negeri Kalipucang Kulon Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2319156_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2319156_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Guru merupakan seseorang yang berperan penting dalam pendidikan dan mengusahakan berbagai cara untuk mengatasi kesulitan yang dialami peserta didik. Salah satu kesulitan belajar yang dialami peserta didik khususnya fase A yaitu kesulitan dalam membaca permulaan. Jika kesulitan membaca permulaan dapat teratasi dengan baik, maka peserta didik akan mudah dalam menempuh tahap membaca selanjutnya. Guru juga harus menggunakan berbagai metode pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan membaca. Seperti metode abjad untuk peserta didik yang belum hafal abjad dan metode suku kata untuk peserta didik yang sudah hafal abjad namun belum lancar dalam membaca. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana metode abjad sebagai strategi guru dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaaan pada peserta didik fase A kelas I di SD Negeri Kalipucang Kulon Batang, 2) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan menggunakan metode suku kata pada peserta didik fase A kelas I di SD Negeri Kalipucang Kulon Batang, 3) Bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca permulaan pada peserta didik fase A kelas I di SD Negeri Kalipucang Kulon Batang. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menguraikan metode abjad sebagai strategi guru dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada peserta didik fase A kelas I di SD Negeri Kalipucang Kulon Batang, 2) Untuk menguraikan strategi guru dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan menggunakan metode suku kata pada peserta didik fase A kelas I di SD Negeri Kalipucang Kulon Batang, 3) Untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca permulaan pada peserta didik fase A kelas I di SD Negeri Kalipucang Kulon. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung untuk memperoleh data dengan pendekatan kualitatif yaitu pendekatan yang digunakan untuk menjaring informasi dari kondisi sewajarnya. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara,dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conslusion drawing). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Metode abjad sebagai strategi guru dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada peserta didik fase A kelas I di SD Negeri Kalipucang Kulon Batang, dirasa cukup berhasil dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan, terdapat perubahan dalam diri peserta didik. (2) Strategi guru dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan menggunakan metode suku kata pada peserta didik fase A kelas I di SD Negeri Kalipucang Kulon Batang, belum tercapai secara maksimal akan tetapi sedikit demi sedikit sudah ada peningkatan dalam keterampilan membaca pada peserta didik. (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca permulaan pada peserta didik fase A kelas I di SD Negeri Kalipucang Kulon Batang ini disebabkan oleh empat faktor, yaitu faktor fisiologis, faktor intelektual, faktor lingkungan, dan faktor psikologis.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMukhlis, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Kesulitan Membaca Permulaan, Metode Abjad dan Suku Kata.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 29 Feb 2024 02:33
Last Modified: 29 Feb 2024 02:33
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5328

Actions (login required)

View Item View Item