Dakwah virtual dan komodifikasi agama dalam konten instagram @JUBAHAKHWAT

Shidqi, Muhammad Miftahus (2023) Dakwah virtual dan komodifikasi agama dalam konten instagram @JUBAHAKHWAT. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3419124_COVER_Bab I dan Bab V.pdf

Download (920kB)
[img] Text
3419124_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Akun Instagram @Jubahakhwat merupakan akun digunakan pemiliknya untuk mengunggah produk-produk dari brand Jubah Akhwat. Dalam konten-konten produk yang diunggahnya terdapat narasi dakwah Islam. Komodifikasi agama guna kepentingan bisnis dalam industri media yang memiliki orientasi terhadap pasar menjadikan agama yang mengandung nilai religius beralih fungsi dan mengalami modifikasi menjadi alat untuk memasarkan suatu produk tertentu. Berdasarkan hal tersebut, penulis mencoba melakukan penelitian terkait metode dakwah yang digunakan dalam konten yang diunggah akun instagram @jubahakhwat dan kandungan komodifikasi agama pada konten instagram @jubahakhwat. Penulis melakukan penelitian dengan dua rumusan masalah yaitu pertama: bagaimana metode dakwah virtual dalam konten Instagram @jubahakhwat. Rumusan masalah kedua yaitu: bagaimana bentuk komodifikasi agama dalam konten Instagram @jubahakhwat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode dakwah yang digunakan pada konten Instagram dan bagaimana bentuk komodifikasi agama dalam konten Instagram @jubahakhwat. Penulis melakukan penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dari penelitian ini didapatkan melalui proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis metode dakwah virtual guna mengetahui metode dakwah virtual yang digunakan akun @jubahakhwat pada unggahan kontennya dan komodifikasi konten isi milik Vincent Mosco guna mengetahui adanya tindakan komodifikasi agama yang dilakukan akun Instagram @jubahakhwat dalam konten yang diunggahnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya penggunaan metode dakwah bil lisan dan bil qalam pada akun instagram @jubahakhwat dalam menarasikan dakwah Islam melalui konten unggahannya. Metode dakwah bil lisan yang diterapkan pada unggahannya berupa suara narasi dakwah oleh da’i. Metode dakwah bil qalam berupa tulisan narasi dakwah. Adanya bentuk komodifikasi agama dalam memaksimalkan promosi produk akun @jubahakhwat menggunakan unsur agama berupa narasi dakwah Islam. Bentuk dari komodifikasi agama dalam konten yang diunggah berupa foto produk dari brand Jubah Akhwat yang disisipi narasi dakwah baik berupa tulisan maupun suara dari da’i.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMazaya, Vyki199001312018012002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode dakwah virtual, komodifikasi agama, konten instagram
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 29 Nov 2023 02:17
Last Modified: 30 Jan 2024 02:26
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5369

Actions (login required)

View Item View Item