Analisis bauran pemasaran tabungan pendidikan (TARBIYAH) di Baitul Maal Wat-tamwil (BMT) Al-fataa Ulujami Pemalang

Rizki, Sania (2016) Analisis bauran pemasaran tabungan pendidikan (TARBIYAH) di Baitul Maal Wat-tamwil (BMT) Al-fataa Ulujami Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.

[img] Text
2012113032 SANIA RIZKI BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (10MB)
[img] Text
2012113032 SANIA RIZKI BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (19MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Dari segi operasionalnya, sebuah lembaga tidak luput dari pemasaran karena pemasaran merupakan jantung nadi dan keberhasilan suatu lembaga. Pemasaran sendiri adalah suatu proses sosial dan manajerial yang mencakup individu dan kelompok guna mendapatkan apa mereka ciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan jasa yang diciptakan sesuai dengan tujuan. Tabungan Pendidikan (Tarbiyah) di Baitul Maal Wattamwil Al-Fataa Ulujami menggunakan akad mudharabah dalam memasarkan produknya menggunakan teknik bauran pemasaran. Penelitian ini membahas tentang analisis bauran pemasaran tabungan pendidikan (Tarbiyah) di BMT Al-Fataa Ulujami Pemalang dan hambatan- hambatan bauran pemasaran tabungan pendidikan (Tarbiyah) di BMT Al-Fataa Ulujami Pemalang. Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dan pendekatan penelitian kualitatif yang datanya berupa kata-kata tertulis atau lisan dari wawancara. Adapun sumber datanya bersal dari data primer dari hasil wawancara dan data dokumen BMT Al-Fataa Ulujami. Data yang kedua adalah sumber data sekunder yang diambil dari Pustaka. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan analisis data, Hasil penelitian ini, BMT Al-fataa Ulujami Pemalang untuk meningkatkan bisnis serta pengembangan produknya simpanan pendidikan (Tarbiyah) menggunakan strategi bauran pemasaran, yaitu kumpulan dari elemen- elemen pemasaran 7P di antaranya product, price, promotion, place, people, process and physical evidance. Hasil penelitian lain hambatan-hambatan dalam menjalankan bauran pemasaran diantaranya pesaing, masyarakat belum mengenal tabungan dengan prinsip syariah, dan Sebagian nasabah mempunyai pandangan terhadap organisasi Islam tertentu (fanatik). Namun demikian, hasil dari bauran pemasaran perkembangan nasabah tabungan pendidikan (Tarbiyah) menunjukan bahwa jumlah nasabah tabungan pendidikan (Tarbiyah) pada tahun 2012-2015 terjadi peningkatan. Hal ini membuktikan bahwa bauran pemasaran produk tabungan pendidikan yang dilakukan oleh BMI Al-Fataa cukup baik karena terjadi peningkatan nasabah setiap tahunnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorCaniago, Siti AminahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bauran pemasaran, produk tabungan pendidikan (Tarbiyah)
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 29 Nov 2023 03:49
Last Modified: 29 Dec 2023 09:10
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5384

Actions (login required)

View Item View Item