Strategi pemasaran BMT istiqlal Pekalongan dalam meningkatkan jumlah anggota pada produk pembiayaan mudharabah

Saefudin, Lukman (2017) Strategi pemasaran BMT istiqlal Pekalongan dalam meningkatkan jumlah anggota pada produk pembiayaan mudharabah. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
2013112015 LUKMAN SAEFUDIN BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (9MB)
[img] Text
2013112015 LUKMAN SAEFUDIN BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (23MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Strategi Pemasaran BMT Istiqlal Pekalongan dalam Meningkatkan Jumlah Anggota pada Produk Pembiayaan Mudkarabak Skripsi Jurusan Syariah Program Studi Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Dosen Pembimbing: Dr. Zawawi, M.A. Pembiayaan dengan skema bagi hasil mudharabah merupakan karakteristik utama Lembaga Keuangan Syariah karena inilah yang menjadi pembeda dengan perbankan konvensional. Namun dalam prakteknya prosentase pemberian pembiayaan dengan prinsip bagi basil mudharabah relatif masih lebih kecil bila dibandingkan dengan pembiayaan lain yang juga ditawarkan oleh Lembaga Keuangan Syariah. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi yang diterapkan BMT Istiqlal Pekalongan dalam meningkatkan jumlah nasabah pada produk pembiayaan mudharabah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisa berpikir induktif yaitu dengan menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan di BMT Istiqlal Pekalongan dalam meningkatkan jumlah anggota pada produk pembiayaan mudharabah sesuai dengan apa yang dilihat dan didengar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan BMT Istiqlal Pekalongan adalah dengan datang langsung kepada nasabah, promosi dengan menggunakan brosur-brosur serta melakukan peningkatan SDM karyawannya melalui pelatihan-pelatihan Adapun kendala- kendala yang dihadapi oleh BMT Istiqlal Pekalongan adalah adanya persaingan bisnis dari lembaga sejenis serta perilaku sebagian masyarakat yang tidak jujur sehingga hal ini menuntut BMT Istiqlal Pekalongan agar lebih berhati-hati dalam memberikan pembiayaan mudharabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZawawi, ZawawiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Meningkatkan Nasabah, Pembiayaan Mudharabah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 29 Nov 2023 04:03
Last Modified: 29 Nov 2023 04:03
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5391

Actions (login required)

View Item View Item