Implementasi total quality management (tqm) di Kopena Pekalongan (studi kasus kinerja dan pelayanan pembiayaan )

Fauzan, Ahmad (2019) Implementasi total quality management (tqm) di Kopena Pekalongan (studi kasus kinerja dan pelayanan pembiayaan ). Diploma thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Total Quality Management (TQM) merupakan suatu pendekatan yang membantu perusahaan untuk meningkatkan mutu produksi dan pelayanan pada perusahaan dagang dan jasa, untuk dapat bersaing pada era global saat ini, terwujudnya mutu produk yang baik bergantung pada kemampuan manajemen untuk menjalankan fungsi-fungsi manajemen. Tujuan dari penulisan ini untuk mengetahui pelaksanaan total quality management (TQM), dan pengaruh penerapan total quality management terhadap pelayanan pada Kopena Pekalongan. KOPENA Pekalongan sebagai lembaga keuangan syariah juga melakukan perbaikan manajemen dengan Total Quality Management untuk meningkatkan kualitas jasanya. KOPENA Pekalongan menerapkan sistem manajemen baru, yaitu TQM atau di Indonesia lebih dikenal dengan nama Manajemen Mutu Terpadu (MMT). Ide dasar implementasi TQM dalam lembaga keuangan syariah adalah tercapainya kepuasan nasabah dengan suatu pelayanan yang diberikan oleh lembaga keuangan tersebut. Jadi, lembaga keuangan syariah dikatakan bermutu jika telah memenuhi dan memuaskan kebutuhan nasabah internal dan eksternal. Penelitian ini merupakan jenis penelitan lapangan (field research) yang data-datanya diperoleh langsung dari Kopena Pekalongan. Sedangkan pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun metode analisis data yang penulis gunakan yaitu dengan metode deskriptif. Hasil penelitian tentang konsep TQM di Kopena Pekalongan dalam memajukan produktifitas kinerja karyawannya agar dapat bersaing dalam dunia perbankan dengan menggunakan konsep pelayanan prima.Sebelum melakukan aktivitas staf karyawan melakukan doa bersama agar selalu mengingat kepada Allah dalam melakukan pekerjaan. Selain doa bersama staf karyaawan melakukan yel-yel sebelum melakukan pekerjaan, dimaksudkan agar karyawan di Kopena Pekalongan tambah bersemangat dalam bekerja. Adapun tujuan Kopena Pekalongan memakai konsep pelayanan prima yakni untuk memajukan lembaga keuangan tersebut dan memaksimalkan daya saing organisasi agar menarik minat nasabah untuk menabung di Kopena Pekalongan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIsmanto, KuatUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Total Quality Management, Pelayanan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 26 Apr 2020 23:37
Last Modified: 26 Apr 2020 23:37
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/54

Actions (login required)

View Item View Item