Mulia, Rizky Fika (2023) Pengaruh Penerapan Strategi Practice Rehealsal Pairs Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Fiqih Kelas VII di MTs Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid.
Text
2119220_RIZKI FIKA MULIA_BAB I-BAB V-DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (12MB) |
|
Text
2119220_RIZKI FIKA MULIA_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (19MB) |
Abstract
Pemilihan strategi pembelajaran yang tepat sangat berpengaruh terhadap jalannya pembelajaran dan juga berpengaruh terhadap hasil belajar. Berdasarkan pra penelitian yang telah dilakukan di MTs Gondang dalam pembelajaran fiqih, guru maupun peserta didik sering kali mengalami berbagai kesulitan yang muncul dalam proses pembelajaran. Guru mengalami beberapa kesulitan saat menyampaikan pembelajaran fiqih dengan metode konvensional. Begitupula peserta didik mengalami kesulitan dalam menelaah, memahami serta menghayati pembelajaran. Sehingga menimbulkan keadaan pasif dikarenakan kurang menyenangkan, kebosanan bahkan memunculkan sikap acuh terhadap pembelajaran yang disampaikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk menjelaskan penerapan strategi practice rehearsal pairs pada pelajaran fiqih kelas VII di MTs Gondang dan untuk menjelaskan pengaruh penerapan strategi practice rehearsal pairs terhadap hasil belajar peserta didik pada pelajaran fiqih kelas VII di MTs Gondang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan penelitian kuantitatif berlandaskan filosofi positivisme. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data uji T. Sampel sebanyak 70 peserta didik yang diperoleh dari teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrument test yaitu teknik pre test dan post test serta instrument tambahan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunujukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran practice rehearsal pairs terhadap hasil belajar peserta didik pada pelajaran fiqih kelas VII di MTs Gondang Kecamatan Wonopringo Kabupaten Pekalongan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Sedangkan pada nilai N-Gain yang didapat sebesar 59,4317 atau 59%. Maka dapat disimpulkan bahwa pemblajaran practice rehearsal pairs cukup efektif atau cukup berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada pelajaran fiqih kelas VII di MTs Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Strategi Practice Rehearsal Pairs, Hasil Belajar Fiqih | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 29 Nov 2023 05:02 | ||||||||
Last Modified: | 29 Nov 2023 05:02 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5409 |
Actions (login required)
View Item |