Implementasi Metode Tarjamah Dalam Pembelajaran MahᾹrah Al-QirᾹ'ah Siswa Kelas Viii Mts Ma’arif Karanganyar Kabupaten Pekalongan

Aulia, Naizila Khilyatul (2023) Implementasi Metode Tarjamah Dalam Pembelajaran MahᾹrah Al-QirᾹ'ah Siswa Kelas Viii Mts Ma’arif Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2219126_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2219126_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Aulia, Naizila Khilyatul. 2023. Implementasi Metode Tarjamah Dalam Pembelajaran Mahārah al-Qirā'ah Siswa Kelas VIII di MTs Ma’arif Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Universitas Islam Negeri (UIN) K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing: Muhammad Alghiffary, M. Hum. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya menerapkan metode tarjamah dalam pembelajaran mahārah al-qirā'ah siswa kelas VIII di MTs Ma’arif Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Dalam hal ini alasan utama guru mengimplementasikan metode tarjamah karena dalam pembelajaran bahasa Arab banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca teks qirā'ah beserta terjemahannya, terlebih lagi dalam memahami isi dari teks qirā'ah yang digunakan sebagai materi pembelajaran pada mahārah al-qirā'ah. Maka dari itu, salah satu cara guru yaitu menggunanakan metode tarjamah dalam pembelajaran mahārah al-qirā'ah supaya pembelajaran bahasa Arab menjadi lebih mudah. Metode ini diyakini guru dapat mempermudah siswa dalam membaca teks qirā'ah beserta terjemahannya serta membantu siswa untuk memahami teks qirā'ah. Bardasarkan latar belakang di atas, maka peneliti akan memaparkan beberapa rumusan masalahnya, yang pertama mengenai bagaimana cara mengetahui implementasi metode tarjamah dalam pembelajaran mahārah al-qirā'ah siswa kelas VIII MTs Ma’arif Karanganyar Kabupaten Pekalongan, dan yang kedua, bagaimana kelebihan dan kekurangan metode tarjamah dalam pembelajaran mahārah al-qirā'ah siswa kelas VIII MTs Ma’arif Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini dilakukan bertujuan agar pembaca mengetahui terkait implementasi metode tarjamah dalam pembelajaran mahārah al-qirā'ah, serta kelebihan dan kekurangan implementasi metode yang ada. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penulisannya menggunakan data primer dari MTs Ma’arif Karanganyar dan data sekunder seperti jurnal dan referensi buku. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, serta analisis yang dimulai dari reduksi data kemudian penyajian data dan terakhir yaitu verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dari implementasi metode tarjamah dalam pembelajaran mahārah al-qirā'ah siswa kelas VIII MTs Ma’arif Karanganyar Kabupaten Pekalongan secara umum dilakukan dengan baik oleh guru dan siswa kelas VIII MTs Ma’arif Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab menggunakan metode tarjamah melalui tiga tahapan, yaitu: tahap perencanaan (menyusun RPP dan menyiapkan materi), tahapan pelaksanaan (kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup) dan tahap evaluasi, pada tahap evaluasi pembelajaran mahārah al-qirā'ah kelas VIII dilakukan dengan tes secara lisan dan tertulis. Tes lisan dilakukan dengan siswa membaca teks qirā'ah secara kelompok terlebih dahulu kemudian dilanjutkan secara individu agar guru mengetahui kemampuan pelafalan seluruh siswa dan tes tertulis berupa menulis dan menerjemahkan teks qirā'ah tentang materi يومياتنا yang mana dapat menghasilkan bahwa: adanya keberhasilan siswa dalam pembelajaran mahārah al-qirā'ah yang telah mencakup 3 ranah pembelajaran yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Hal ini ditandai melalui indikator siswa dapat menghafal dengan mudah kosa kata bahasa Arab dan menerjemahkan teks qirā'ah, siswa mampu membaca dan menulis tulisan arab dengan baik, dan meningkatnya minat siswa dalam belajar bahasa Arab. Selanjutnya kelebihan metode tarjamah yaitu 1) Memperkaya kosa kata bahasa Arab, 2) Siswa mudah menghafal kosa kata bahasa Arab, serta 3) Siswa mahir dalam menulis, membaca, dan menerjemah. Sedangkan kekurangannya metode tarjamah yaitu 1) lebih fokus menerjemahkan, 2) membutuhkan waktu yang lama untuk memahami materi, dan 3) kurang memahami kaidah qawā’id nahwu.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAlghiffary, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Metode Tarjamah, Pembelajaran Mahārah al-Qirā'ah
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 29 Nov 2023 07:01
Last Modified: 29 Nov 2023 07:01
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5410

Actions (login required)

View Item View Item