Program Pemasaran Affiliasi Dan Dampaknya Bagi Affiliator E-Commerce Shopee Di Kabupaten Batang

Noviasih, Irma (2023) Program Pemasaran Affiliasi Dan Dampaknya Bagi Affiliator E-Commerce Shopee Di Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurrahman Wahid.

[img] Text
4119088_ Cover_ Bab I dan V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4119088_ Full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

IRMA NOVIASIH. Program Pemasaran Affiliasi dan Dampaknya Bagi Affiliator E-Commerce Shopee di Kabupaten Batang. Berdagang atau menjual adalah salah satu jenis muamalah dalam Islam. Jual beli memerlukan strategi pemasaran atau marketing. Marketing didefinisikan sebagai serangkaian persiapan yang bertujuan untuk menyampaikan informasi tentang barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan manusia. Teknologi akan membuat bisnis menjadi lebih efektif dalam hal produksi, distribusi, dan marketing. Salah satu stratetgi marketing yang memanfaatkan teknologi digital adalah affiliate marketing. Affiliate marketing merupakan strategi marketing yang menggunakan sistem upah atau komisi yang diberikan oleh merchant kepada seseorang yang berhasil mempromosikan produknya. Shopee affiliate program adalah salah satu program affiliasi dari shopee. Program ini memungkinkan para affiliator untuk menghasilkan banyak uang dengan mempromosikan produk shopee di media sosial. Tujuan dari penelitian ini diantaranya (1) untuk mengetahui bagaimana peran media sosial sebagai sarana promosi dalam affiliate marketing (2) untuk mengetahui bagaimana dampak marketing affiliate program bagi affiliator e-commerce shopee di Kabupaten Batang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena penelitian ini termasuk kedalam penelitian lapangan (field research). Sumber data yang digunakan dalam peneletian ini berupa sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer diperoleh dari hasil observasi dan wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh dari sumber literatur lain yang relevan dengan penelitian ini. Dalam penelitian ini jenis wawancara yang dilakukan terstruktur, dimana berkaitan langsung dengan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu berupa pengumpulan data melalui wawancara dengan informan, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik triangulasi dilakukan untuk pengecekan keabsahan data penelitian. Berdasarkan peneltian yang telah dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) peran media sosial sebagai sarana promosi dalam affiliate marketing terbagi dalam beberapa hal sebagai berikut. Untuk menarik minat beli konsumen, kemudian memberikan kemudahan bagi konsumen, memberikan informasi produk kepada konsumen, serta dapat meningkatkan pendapatan affiliator apabila penjualan produk meningkat (2) dampak dari adanya shopee affiliate program terhadap affiliator e-commercee shopee yang ada di Kabupaten Batang dapat berupa dampak ekonomi dan dampak sosial. Dampak ekonomi yang dirasakan adalah kenaikan passive income, untuk memenuhi kebutuhan sekunder dan juga sebagai tabungan untuk masa depan. Hal ini dikarenakan komisi yang didapat oleh affiliator cukup besar. Sedangkan dalam segi sosial dampak yang dirasakan oleh affiliator adalah perubahan keadaan sosial mereka seperti perubahan gaya hidup karena komisi yang diterima dari shopee affiliate program tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIzza, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Affiliate Marketing, Shopee Affiliate Program, Dampak
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 29 Nov 2023 09:07
Last Modified: 29 Nov 2023 09:07
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5443

Actions (login required)

View Item View Item