Motivasi remaja putus sekolah Dalam menempuh pendidikan kesetaraan paket C di Desa Kwayangan Kedungwuni Pekalongan

Mursalin, Ahmad (2015) Motivasi remaja putus sekolah Dalam menempuh pendidikan kesetaraan paket C di Desa Kwayangan Kedungwuni Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021110277 AHMAD MURSALIN BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (8MB)
[img] Text
2021110277 AHMAD MURSALIN BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (16MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Mursalin Ahmad, 2015. Motivasi Remaja Putus Sekolah dalam Menempuh Pendidikan Kesetaraan Pak.et C di Desa Kwayangan Kedungwuni Pekalongan. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Pembirnbing: Drs. H. Abdul Mu'in, M.A Kata kunci : Motivasi, Remaja, Pendidikan Kesetaraan Paket C. Motivasi merupakan suatu dorongan yang timbul oleh adanya rangsangan dari dalam maupun dari luar sehingga seseorang berkeinginan untuk mengadakan perubahan tingkah laku atau aktivitas tertentu lebih baik dari keadaan sebelurnnya. Motivasi juga merupakan suatu dorongan yang terjadi pada diri manusia yang menyebabkan suatu perubahan energi untuk melakukan sesuatu guna mencapai suatu tujuan rnaupun cita-cita. Sebagaimana yang terjadi pada remaja putus sekolah dalam menempuh pendidikan kesetaraan paket C di Desa Kwayangan, mereka termotivasi untuk melanjutkan pendidikannya melalui pendidikan kesetaraan paket C. Pendidikan kesetaraan paket C adalah program pendidikan menengah pada jalur nonformal setara SMA/MA bagi siapapun yang terkendala ke pendidikan formal atau berminat dan memilih Pendidikan kesetaraan untuk ketuntasan pendidikan menengah. Sasaran program paket C adalah masyarakat lulusan paket B, siswa atau siswi lulusan SMP/MTS, dan masyarakat yang putus sekolah SMA/MA . Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana motivasi remaja putus sekolah dalam menempuh pendidikan kesetaraan paket C?, dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi motivasi remaja putus dalam menempuh pendidikan kesetaraan paket C?, serta bagaimana bentuk pendidikan kesetaran paket C yang ditempuh remaja putus sekolah di Desa Kwayangan Kedungwuni Pekalongan?. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan motivasi remaja putus sekolah dalam menempuh pendidikan kesetaraan paket C, dan untuk mendiskripsikan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi motivasi remaja putus sekolah dalam menempuh pendidikan kesetaraan paket C, serta untuk mendeskripsikan bentuk dan pelaksanaan pendidikan kesetaraan paket C yang ditempuh remaja putus sekolah di Desa Kwayangan Kedungwuni Pekalongan. Adapun kegunaan penelitian ini adalah kegunaan teoretis, antara lain: penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetabuan dan sumber pemikiran terkait dengan motivasi seseorang atau remaja putus sekolah dalarn melanjutkan pendidikannya kembali, penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dan berguna untuk kehidupan sekarang dan yang akan datang. Kegunaan praktis, diantaranya: penelitian ini diharapkan mampu memberikan motivasi bagi remaja putus sekolah lainnya untuk dapat melanjutkan pendidikannya kembali, untuk memberikan informasi kepada masyarakat bahwa di Desa Kwayangan Kedungwuni Pekalongan terdapat para remaja putus sekolah yang menempuh pendidikan kesetaraan paket C. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Lokasinya di Desa Kwayangan Kedungwuni Pekalongan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis induktif. Hasil penelitian ini adalah bahwa motivasi remaja putus sekolah dalam menempuh pendidikan kesetaraan paket C di Desa Kwayangan adalah : bisa sekolah sambil bekerja, menambah ilmu dan pengalam an, mendapatkan ijaza h setar a SMA/MA , bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Fakor-faktor yang mempengaruhi motivasi remaja putus sekolah dalam menempuh pendidikan kesetaraan paket C dalah : biaya lebih terjangkau, tidak ingin merepotkan orang tua, kurangnya minat meoeruskan di sekolah form al SMA /MA , cuku p lama berhenti sekolah atau putus sekolah, dukungan dari keluarga, pengaruh orang lain. Bentuk pendidikan kesetar aan paket C yang di tempuh remaja putus sekolah di Desa Kwayangan adalah sam a seperti sekolah di pendidikan kesetaraa n pada umumnya. Mereka ada yang bersekolah di KP C Ngudi IImu Kedungwu ni dan di PKB M AI-Hikm ah Tangkil Kulon Kedungwun i. Sedangkan jadwal mereka sekolah ada yang berangkat 2 hari dalam seminggu bagi mereka yang bersekolah di KP C Ngudi llmu Kedungw uni yaitu hari rabu dan jumat mulai puk ul 14.00 sam pai dengan puku l 17.00 WIB . Sedaogkan mereka yang bersekolah di PKB M Al-Hi km ah berangkat 3 hari dalam seminggu pada hari jumat, senin, dan selasa mulai jam 19.00 sarn pai dengan 22.00 WIB , atau pada malam hari. Jum lah mata pelajaran dalam seharinya di kedua sekolab sama, 2 sam pai 3 mata pelajran dalam seharinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMu'in, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Remaja, Pendidikan Kesetaraan Paket C.
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 29 Dec 2023 09:09
Last Modified: 29 Dec 2023 09:09
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5446

Actions (login required)

View Item View Item