Sugiarti, Ayu Masniati (2023) Strategi pengembangan media sosial pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
3419083_BAB I dan BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
3419083_full text_Ayu Masniati Sugiarti.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul Strategi Pengembangan Media sosial Pondok Pesantren Modern Muhammmadiyah Boarding School Yogyakarta berlatar belaang Perkembangan teknologi semakin pesat dan masyarakat perlu bersiap dalam penyesuaian. Undang-Undang tentang pesantren pasal 3 ayat 1 menjelaskan akan tujuan berdirinya pesantren. Satu dari tiga tujuan pendirian pesantren mengarahkan bahwa pesantren dituntut membentuk individu yang paham dan mengamalkan nilai ajaran agama Islam. Namun, dengan tuntutan tersebut pondok pesantren MBS Yogyakarta telah memanfaatkan kemajuan teknologi dengan memiliki akun media sosial yang beragam. Apakah pemanfaatan tersebut menghambat tujuan pesantren untuk membentuk individu yang paham akan agama. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti melakukan penelitian terhadap MBS Yogyakarta. Penelitian terkait bagaimana kondisi program pesantren di tengah perkembangan teknologi dan strategi pengembangan media sosial MBS Yogyakarta. Rumusan masalah tersebut guna mengetahui kondisi program pesantren dan mengidentifikasi strategi pengembangan media sosial MBS Yogyakarta. Serta memiliki manfaat penelitian memiliki manfaat untuk perkembangan ilmu pengetahuan yang berkaitan dalam pengembangan media sosial dan sebagai landasan dan evaluasi oleh para praktisi media sosial pondok pesantren. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori new media dari McQuails. Sedangkan pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Lalu penulis menganalisis data menggunakan teori POAC (Planning, Organizing, Actuating, and Controlling) Goerge Terry. Hasil dari penelitian ini menghasilkan strategi pengembangan media sosial yang dilakukan MBS Yogyakarta dengan cara melakukan persiapan hingga pengawasan dari semua hal yang diunggah ke media sosial pesantren. Dengan adanya kesiapan tersebut memberikan hasil dan informasi yang akan sampai pada pengguna media sosial. Namun, MBS Yogyakarta juga telah siap dan menerima perkembangan teknologi yang dikolaborasikan untuk mendukung program pesantren dan tidak lain memiliki keseimbangan antara tujuan pesantren dan teknologi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi, pengembangan, media sosial | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 29 Nov 2023 08:40 | ||||||||
Last Modified: | 30 Jan 2024 06:07 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5453 |
Actions (login required)
View Item |