Hubungan pola asuh orang tua dengan motivasi belajar peserta didik SDN Kedungmalang Wonotunggal Batang

Agustina, Rina Kartika (2015) Hubungan pola asuh orang tua dengan motivasi belajar peserta didik SDN Kedungmalang Wonotunggal Batang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021311001 RINA KARTIKA AGUSTINA BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (20MB)
[img] Other (Thesis)
2021311001 RINA KARTIKA AGUSTINA BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (10MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Orang tua memiliki kewajiban untuk membimbing anaknya hingga mencapai arah kedewasaan, baik dalam bentuk fisik maupun pemikiran, dengan harapan agar di masa yang akan datang anak mampu mandiri dan tanpa bergantung pada orang lain, termasuk pada orang tua. Namun sebagian besar orang tua bersikap keras dan menetapkan aturan yang harus ditaati Oleh anak, adapun yang tidak memberikan perhatian, serta ada yang membimbing anknya. Ada beberapa peserta didik sering terlambat masuk sekolah, membolos ketika jam pelajaran tertentu, tidak mengerjakan pekerjaan rumah, tidak mengerjakan tugas, dan mahas membaca buku. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana pola asuh orang tua peserta didik SDN Kedungrnalang Wonotunggal Batang; bagaimana motivasi belajar peserta didik SDN Kedungmalang Wonotunggal Batang; dan adakah hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan motivasi belajar peserta didik SDN Kedungmalang Wonotunggal Batang. Tujuannya adalah mengetahui bentuk pola asuh yang diterapkan Oleh orang tua terhadap peserta didik SDN Kedungmalang Wonotunggal Batang, untuk mendeskripsikan motivasi belajar peserta didik SDN Kedungmalang Wonotunggal Batang, dan dapat mengetahui adanya hubungan antara pola asuh orang tua dengan motivasi belajar peserta didik. Kegunaannya adalah dapat menambah wawasan dan menjadi referensi baru dalam bidang iltnu pendidikan khususnya tentang pola asuh dan motivasi belajar, secara praktis bagi peserta didik sebagai bahan acuan dalam meningkatkan motivasi belajar, bekal bagi guru agar lebih memahami bentuk pola asuh yang diberikan orang tua kepada anaknyaAdapun penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi, dua angket dengan teknis analisis datanya menggunakan metode analisis data kuantitatif dengan menggunakan analisis product moment. Hasil analisis menunjukkan bahwa dengan korelasi product moment dapat terlihat adanya korelasi positif yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan motivasi belajar peserta didik SDN Kedungmalang. Hal ini dibuktikan mela]ui prosentase nilai angket pola æsuh dengan nilai 53 dalam kategori cukup dan motivasi belajar dengan nilai 53 termasuk dalam kategori cukup baik. Dan setelah dikorelasikan dengan product momenl dipero]eh ro, = 0,84 pada taraf signifikan 5% r, = 0,254 berarti > rtmaka HO ditolak dan Ha diterima- sehingga pada taraf signifikan 5% disimpulkan bahwa antara Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Belajar Peserta Didik SDN Kedungmalang terdapat korelasi positif yang signifikan, sehingga hipotesis yang penulis ajukan diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pola asuh, motivasi belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 29 Nov 2023 09:01
Last Modified: 29 Nov 2023 09:01
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5459

Actions (login required)

View Item View Item