Implementasi metode Tilawati Dalam pembelajaran baca tulis huruf hijaiyah di TK Islam Ahfa Krapyak Pekalongan

ATHOILLAH, IBNU (2015) Implementasi metode Tilawati Dalam pembelajaran baca tulis huruf hijaiyah di TK Islam Ahfa Krapyak Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021110282 IBNU ATHOILLAH BAB I - V DAN LAMP.PDF

Download (4MB)
[img] Text
2021110282 IBNU ATHOILLAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (21MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Athoillah, Ibnu.2015. Implementasi Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Baca Tulis Huruf Hijaiyah di TK Islam AHFa Krapyak Pekalongan. Skripsi Jurusan/Program Studi Tarbiyah/Pendidikan Agama Islam. H. A. Ubaedi Fathuddin, M.A Kata Kunci : Pendidikan Baca Tulis Huruf Hijaiyah Upaya pengenalan Al-Quran sejak dini adalah sebuah keniscayaan dan diperlukan peranan orang tua. Pendidikan anak tentang baca tulis Al-Qur'an sangatlah penting guna mendukung perkembangan anak dalam memberantas buta huruf Al-Qur'an khususnya di TK Islam AHFA Krapyak Pekalongan. Metode Tilawati adalah salah satu metode pembelajaran baca tulis Huruf Hijaiyah yang sangat menarik bagi anak usia dini dikarenakan menggunakan lagu rast. TK Islam AHFA Krapyak Pekalongan adalah satu-satunya lembaga pendidikan di Pekalongan yang menggunakan metode Tilawati di Pekalongan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi metode Tilawati di TK Islam AHF A Krapyak Pekalongan? Apa kelebihan dan kekurangan metode Tilawati dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur'an masa kanak-kanak di TK Islam AHF A Krapyak Pekalongan?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan konsep umum metode Tilawati dan implementasinya serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan metode Tilawati di TK Islam AHFA Krapyak Pekalongan. Adapun kegunaan penelitian secara praktis diharapkan memberi pengetahuan kepada masyarakat mengenai Metode Tilwati yang baik untuk diterapkan pada anak-anaknya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data primer adalah kepala TK dan pendidik sedangkan data sekunder yaitu dokumentasi yang relevan. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi dengan menggunakan analisis data deskriptif. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa implementasi metode Tilawati di TK Islam AHFA dari segi kebutuhan bagi siswa anak usia dini dinilai sudah terlaksana dengan baik walaupun dalam implementasinya ada hambatan-hambatan yang menjadikan target pembelajarannya tidak sesuai dengan Lembaga Tilawati Pusat antara lain materi yang diterapkan tidak sampai khatam akan tetapi hanya sampai jilid III saja dan evaluasi yang diterapkan tidak sesuai dengan evaluasi yang telah ditentukan dikarenakan TK Islam AHFA tidak mengajarkan rnateri Al-Qur'an secara keseluruhan melainkan sebagian saja, dan usia siswa masih dini yaitu 4-6 tahun yang masih dalam tahap pengenalan huruf-huruf hijaiyah dan belum saatnya untuk menjalankan evaluasi yang telah ditetapkan di Lembaga Pusat. Hal tersebut TK Islam membuat target sendiri dalam pembelajaran Metode Tilawati.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFathuddin, H. A. UbaediUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Baca Tulis Huruf Hijaiyah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.342 Taman Pendidikan Al-Qur'an/TPA, Tempat Pendidikan Qur'an/ TPQ
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 03 Jan 2024 10:12
Last Modified: 03 Jan 2024 10:12
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5462

Actions (login required)

View Item View Item