Pengaruh kegiatan sholat dhuha berjama'ah terhadap kedisiplinan siswa kelas v di SD Islam Al-Bayan Pekalongan

Irfani, Muhammad Jundhun (2023) Pengaruh kegiatan sholat dhuha berjama'ah terhadap kedisiplinan siswa kelas v di SD Islam Al-Bayan Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2319165 COVER_BAB I DAN BAB V (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
full teks jundhun.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Sholat dhuha merupakan sholat sunnah yang dikerjakan ketika matahari baru naik. Jumlah rakaatnya minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat. Sebagai realisasinya di SD Islam Al-Bayan Pekalongan mempunyai ciri khas dalam kegiatan keagamaan, salah satunya kegiatan sholat dhuha berjamaah yang rutin dikerjakan sebelum jam pelajaran di mulai, untuk mendidik kedisiplinan siswa salah satunya mendisiplinkan anak dalam hal ibadah, sehingga memiliki karakter yang berbeda dari sekolah yang lain. Berangkat dari latar belakang diatas, maka peneliti memaparkan rumusan masalah sebagai berikut: 1) Apakah kegiatan sholat dhuha berjamaah berpengaruh terhadap kedisiplinan siswa kelas V di SD Islam Al-Bayan Pekalongan? 2) Seberapa besar pengaruh kegiatan sholat dhuha berjamaah terhadap kedisiplinan siswa kelas V di SD Islam Al-Bayan Pekalongan?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dengan jumlah populas dan sampel seluruh siswa kelas V SD Islam Al-Bayan Pekalongan yang berjumlah 57 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil uji hipotesis berdasarkan hasil uji regresi linier sederhana nilai signifikan sebesar 0,000 karena nilai signifikan < 0,05 dan t hitung 3,577 lebih besar dari t tabel maka Ho di tolak dan Ha diterima artinya bahwa terdapat pengaruh kegiatan shalat dhuha terhadap kedisiplinan siswa kelas V di SD Islam Al-Bayan Pekalongan. Seperti hasil uji t shalat dhuha (X) mendapatkan nilai t hitung sebesar 26,099 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 kurang dari 0,05 bisa disimpulakn bahwa variabel shalat dhuha (X) secara parsial berpengaruh terhadap variabel kedisiplinan (Y), dari hasil tersebut bisa disimpulkan hasil hipotesis dapat diterima. Dengan demikian ada pengaruh positif dan signifikan antara sholat dhuha terhadap kedisiplinan siswa kelas V SD Islam Al-Bayan Pekalongan dengan kontribusi 80,9% sholat dhuha berpengaruh terhadap kedisiplinan siswa selebihnya 19,1% dipengaruhi faktor lain, baik faktor internal maupun eksternal yang tidak termasuk dalam variabel.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHuda, MiftahulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, sholat dhuha
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 29 Nov 2023 10:22
Last Modified: 20 Feb 2024 05:53
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5464

Actions (login required)

View Item View Item