Penanaman nilai-nilai agama islam dalam pembentukan sikap dan perilaku siswa MIS Samborejo 01 Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan

Fauziyah, Fauziyah (2015) Penanaman nilai-nilai agama islam dalam pembentukan sikap dan perilaku siswa MIS Samborejo 01 Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021311009 NUR FAUZIYAH BAB 1 - V DAN LAMPIRAN.PDF

Download (6MB)
[img] Other (Thesis)
2021311009 NUR FAUZIYAH BAB 1 - V FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (17MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Sikap dan perilaku adaläh segalä aktivitas manusia dalam bentuk perubåhan. Tindakan dan kegiatan Yang nyata baik disadari maupun tidak disadari Yang merupakan hasil belajar. Sikap dan perilaku secara umum juga disebut akhlak, perangai atau kelakukan. Pentingnya penanarnan nilai-nilai agama Islam dalam pembentukan Sikap dan perilaku adalah untuk membentuk Sikap dan perilaku siswa MIS Samborejo 01 Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penanaman nilainilai agama Islam dalam pembentukan Sikap dan perilaku siswa MIS Samborejo 01?, Apa saja bentuk Sikap dan perilaku siswa MIS Samborejo 01 Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan?, Apa saja faktor Yang mendukung dan menghambat penanaman nilai-nilai agama Islam dalam pembentukan Sikap dan perilaku siswa MIS Samborejo 01 Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penanaman nilainilai agama Islam dalam pembentukan sikap dan perilaku Siswa MIS Samborejo 01, untuk mengetahui bentuk Sikap dan perilaku siswa MIS Samborejo 01, untuk mengetahui faktor Yang mendukung dan menghambat penanaman nilai-nilai agama Islam dalam pembentukan sikap dan perilaku Siswa Samborejo 01. Kegunaan penelitian secara teoretis adalah untuk menambah khazanah ilmu pendidikan khususnya peranan guru dalam membimbing Sikap dan perilaku siswa Yang baik, secara praktis sebagai bahan pengetahuan bagi guru di MIS Samborejo 01 dalam mendidik Siswa agar memiliki perilaku Yang baik. Jenis penelitian ini adalah Studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan Yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, interview dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode deskriptifkualitatif Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, Penanaman nilai-nilai agama Islam dalam pembentukan sikap dan perilaku siswa MIS Samborejo 01, antara Iain: melakukan tindakan konseling, menggiatkan ekstrakurikuler, guru mengajak Siswa melakukan kegiatan ibadah, guru melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan Siswa, dan mengundang ustadz dari luar daerah dalam acara PHBI. Kedua, Bentuk Sikap dan perilaku siswa MIS Samborejo 01 Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan dapat dikatakan baik. Hal ini ditunjukkan dari tidak adanya siswa Yang melakukan pelanggaran berat. Ketiga, Faktor Yang mendukung penanaman nilai-nilai agama Islam dalam pembentukan Sikap dan perilaku Siswa tvfIS Samborejo 01, yakni: semangat atau motivasi pada anak untuk belajar tentang PAI, perhatian dari guru untuk mendampingi anak didiknya, sarana dan prasarana yang memadai dan banyaknya TPQ di sekitar MIS Samborejo 01. Sedangkan faktor Yang menghambat: adanya Sikap pemanjaan dari orang tua, serta pembiaran kenakalan anak dari orang tua, adanya sebagian siswa Yang nakal sehingga mempengaruhi siswa Yang Iain, dan adanya permasalahan dalam keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penanaman NIlai, Agama Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 29 Nov 2023 09:35
Last Modified: 29 Nov 2023 09:35
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5470

Actions (login required)

View Item View Item