Toleransi antar umat beragama di kalangan siswa (studi kasus di SMA Negeri 3 Pekalongan)

ALI FAHMI, MUHAMMAD (2015) Toleransi antar umat beragama di kalangan siswa (studi kasus di SMA Negeri 3 Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021110285 MUHAMMAD ALI FAHMI BAB I, V, LAMP_1.PDF

Download (7MB)
[img] Text
2021110285 MUHAMMAD ALI FAHMI BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Fahrni, Muhammad Ali. 2021110285. 2015. Fenomena Toleransi antar umat beregama di kalangan Siswa. Skripsi Tarbiyah PAI STAIN Pekalongan. Pembimbing: Dwi Istiyani, M.Ag. Kata Kunci : Toleransi, fenomena SMA Negeri 3 Kota Pekalongan merupakan sekolah dengan mayoritas beragama Islam, namun ada beberapa siswa yang termasuk non-muslim. Berdasarkan sumber dari bagian tata usaha bahwa SMA Negeri 3 Kata Pekalongan memiliki siswa dengan jumlah keseluruhan 620 anak. Dari 620 anak tersebut 572 anak menganut agama Islam, 29 anak menganut agama kristen, 18 anak rnenganut agama Katholik, dan 1 anak rnenganut agama konghucu. Tetapi walaupun mayoritas beragama Islam, tidak menjadikan penganut minoritas terkucilkan. Mercka mampu membaur dengan baik tanpa harus memaksakan kehendak pribadi mereka. Dalam lingkungan yang heterogen memang rawan sekali timbul gesekan yang akan menimbulkan suasana yang tidak nyaman dalam lingkungan tersebut. Maka dari itu sikap toleransi atau saling menghorati agama lain sangat diperlukan untuk menjaga keharmonisan clalam lingkungan sekolah. Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut: bagaimana gambaran toleransi antar umat beragama di kalangan siswa SMA Negeri 3 Pekaongan dan bagairnana Interaksi sosial siswa di SMA Negeri 3 Pekalongan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran toleransi antar umat beragama di kalangan siswa dan interaksi sosial siswa berbeda agama. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (Field research). Dengan menggunakan penclekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan Analisis Deskriptif. Data yang cliperoleh dalam penelitian ini merupakan data yang bersifat kualitatif, maka teknik analisis yang digunakan dalam menganalisis data adalah dengan cara analisis deskriptif yaitu analisis yang mendeskripsikan apa yang ada, baik proses yang berlangsung, akibat efek yang sedang terjadi atau kecenderungan yang sedang berkembang. Hasil penelitiannya adalah bahwa di SMA Negeri 3 Pekalongan mempunyai siswa yang heterogen dalam keyakinannya dan sikap toleransi antar umat beragama sudah diterapkan dengan baiksehingga perbedaan keyakinan diantara mereka tidak menjadi penghalang pada kegiatan kesehariannya disana, sikap toleransi antar umat bcragama mcrcka tunjukkan yaitu saling membantu, saling menolong dan bertcman dcngan semua pemeluk agama. Schingga dapat disimpulkan bahwa Toleransi antar umat beragama di SMA Negeri 3 Pekalongan sudah baik karena mereka mampu berbaur dengan semua teman tanpa membeda• bedakan agamanya. Mercka juga dapat bertcman dengan siapa saja tanpa harus memandang apa agamanya. Siswa yang mcnganut agama Islam sebagai agama mayoritas disana juga dapat menghargai temannya yang beragama minoritas. Sikap toleransi tersebut yang mcnjadikan mereka dapat hidup berdampingan dan saling menghargai

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIstiyani, DwiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Toleransi, fenomena SMA Negeri 3 Kota Pekalongan merupakan sekolah dengan mayoritas beragama Islam, namun ada beberapa siswa yang termasuk non-muslim
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.617 Jami'atul Khoir
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 03 Jan 2024 10:13
Last Modified: 03 Jan 2024 10:13
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5479

Actions (login required)

View Item View Item