Analisis nilai pendidikan karakter percaya diri dalam novel si anak spesial karya Tere Liye guna menciptakan generasi yang tangguh dan bertumbuh

Istiqomah, Tresia (2023) Analisis nilai pendidikan karakter percaya diri dalam novel si anak spesial karya Tere Liye guna menciptakan generasi yang tangguh dan bertumbuh. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2319066_Cover_Bab I dan Bab v.pdf

Download (820kB)
[img] Text
2319066_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Latar belakang masalah ini adalah berdasarkan hasil analisis yang dilakukan oleh peneliti, terdapat beberapa anak ataupun remaja yang memiliki rasa insecurity yang tinggi. Untuk membentuk pendidikan karakter percaya diri dapat dilakukan melalui berbagai media salah satunya dengan media novel. Seperti pada novel Si Anak Spesial karya Tere Liye. Novel ini mampu memberikan gambaran tentang bagaimana pola asuh orangtua yang menanamkan nilai pendidikan karakter percaya diri kepada si tokoh utama. Dengan keadaan yang demikian, penulis bermaksud menganalisis nilai pendidikan karakter percaya diri dalam novel si anak spesial karya tere liye guna menciptakan generasi yang tangguh dan bertumbuh. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aspek-aspek nilai pendidikan karakter percaya diri dalam Novel Si Anak Spesial Karya Tere Liye dan bagaimana strategi penanaman nilai pendidikan karakter percaya diri dalam Novel Si Anak Spesial karya Tere Liye guna menciptakan generasi yang tangguh dan bertumbuh. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kajian pustaka (library research). Penulis menggunakan buku-buku, majalah ilmiah dan dokumen manuskrip maupun terkait pemikiran-pemikiran yang ada dimana dari data-data tersebut kemudian dikategorikan berdasarkan relevansinya dengan pokok permasalahan yang akan dikaji. Sumber data primer berupa novel Si Anak Spesial karya Tere Liye, sedangkan sumber data sekundernya berupa buku-buku, majalah ilmiah, dokumen-dokumen dan sumber-sumber lain yang berkaitan dengan novel Si Anak Spesial karya Tere Liye dan nilai-nilai pendidikan karakter percaya diri. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode dokumentasi. Hasil penelitian dari rumusan masalah yang pertama yakni menunjukkan bahwa dalam novel Si Anak Spesial karya Tere Liye ini memuat aspek-aspek yang dapat membentuk rasa percaya diri seseorang sebagaimana yang dipaparkan oleh Lauster antara lain: sikap bertanggungjawab, objektif, optimis, yakin dengan kemampuannya dan rasional. Kemudian pada hasil rumusan masalah yang kedua yaitu memaparkan strategi yang dapat digunakan untuk menanamkan nilai pendidikan karakter percaya diri dalam novel Si Anak Spesial karya Tere Liye ini antara lain: memberikan validasi kepada anak, menjadi pendengar yang baik untuk anak, melatih kemadirian anak, memberikan contoh tauladan yang baik, memberi ruang pada anak untuk berkembang dan memberikan nasihat kehidupan kepada anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuniroh, Siti MumunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, percaya diri, novel si anak spesial
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 30 Nov 2023 07:08
Last Modified: 20 Feb 2024 04:57
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5508

Actions (login required)

View Item View Item