Implementasi pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMP terbuka Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan

MURODAH, LAELATUL (2015) Implementasi pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMP terbuka Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021110287 LAELATUL MURODAH BAB I - V DAN LAMP .PDF

Download (5MB)
[img] Text
2021110287 LAELATUL MURODAH FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Murodah, Laelatul. 2021110287. 2015. Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Terhuka kecamatan Kedungwuni kabupaten Pekalongan. Skripsi Jurusan Tarbiyah Pendidikaan Agama Islam, STAIN Pekalongan, Pembimbing: Drs. H. Ahmad Zaeni. M.Ag. Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Agama Islam (PAI), SMP Terbuka. Pendidikan Agama sangat dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya dalam memperbaiki perilaku dan moralitas masyarakat masa kini yang cenderung jauh dari Agama seperti maraknya perjudian, perzinahan, korupsi dan kejahatan-kejahatan lainnya. Maka dari itu, Pendidikan Agama sangat dibutuhkan untuk membimbing masyarakat kepada jalan kebaikan agar sesuai dengan ajaran Agama. Sebagaian masyarakat Indonesia tidak mampu menempuh pendidikan formal secara layak dikarenakan faktor ekomoni, sehingga SMP Terbuka Menjadi salah satu altematif pendidikan yang dapat ditempuh oleh masyarakat tersebut. SMP Terbuka merupakan suatu altematif subsistem pendidikan formal yang menerapkan prinsip belajar secara mandiri, yaitu belajar dengan bantuan seminimal mungkin dari orang lain dan menggunakan modul sebagai bahan ajar utama. tidak dipungkiri bahwa SMP Terbuka mempunyai konstribusi yang cuk:up besar dalam dunia pendidikan yang memberikan ilmu pengetahuan kepada siswanya. SMP Terbuka merupakan pendidikan yang tidak berdiri sendiri. Tetapi, merupakan bagian dari SMP Induk. Hal ini yang menjadi SMP Induk dari SMP Terbuka Kedungwuni adalah, SMP Negeri 2 Kedungwuni. Dalam skripsi ini peneliti mempunyai 2 rumusan masafah antara lain, yaitu: pertama, bagaimana pelaksanaa pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Terbuka Kedungwuni. Kedua, faktor pendukung dan penghambat terlaksananya pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Terbuka Kedungwuni, serta bagaimana solusinya. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Agama Islam yang ada di SMP Terbuka Kedungwuni dan sejauh mana pendidik mampu menyampaikan bahan pelajaran agar dapat memberikan pemahaman kepada peserta didik terhadap materi yang di sampaikan, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat terlaksananya pembelajaran tersebut. Serta bagaimana solusinya. Kegunaan penelitian: Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi pihak-pihak yang berkecimpung dalam dunia pendidikan terkait dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian lapangan (field research). Metode dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dan dok:umentasi. Untuk menganalisis data menggunakan teknik data k:ualitatif, dimana data dianalisis dengan menggunakan analisis model Miles dan Huberman. vii Hasil dari penelitian ini dapat dikatakan bahwa, SMP Terbuka Kedungwuni kembali mengimplikasikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berdasarkan kurikulum 2006 (KTSP) yang baru berjalan pada semester ini. pembelajaran PAI masih bersifat konvensiaonal, yaitu guru menggunakan metode ceramah, Tanya jawab, dan penugasan. Media yang digunakan pun hanya berupa buku paket dan modul pembelajaran. Sedangkan evaluasi pembelajarannya meliputi: penugasan, tes akhir modul, tes beberapa modul, dan tes akhir unit. Adapun faktor pendukung pembelajaran PAI datang dari berbagai pihak diantaranya: guru PAI, peserta didik, program-program SMP Terbuka, pemerintah. Sedangkan faktor penghambat antara lain: alokasi waktu, menejemen waktu, serta cuaca yang kurang mendukung.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZaeni, H. AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan Agama Islam (PAI), SMP Terbuka.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 03 Jan 2024 10:12
Last Modified: 03 Jan 2024 10:12
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5534

Actions (login required)

View Item View Item