Gaya belajar siswa berprestasi di SMP Negeri 14 Pekalongan

Mushonif, Mushonif (2015) Gaya belajar siswa berprestasi di SMP Negeri 14 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021110288 MUSHONIF BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (9MB)
[img] Text
2021110288 MUSHONIF BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (24MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Mushonif. 2015. Gaya Belajar Siswa Berprestasi di SMP Negeri 14 Pekalongan, Skripsi Jurusan/Program Studi: Tarbiyah/PAI Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Dwi Istiyani, M.Ag. Kata Kunci: Gaya Belajar Siswa Berprestasi SMP Negeri 14 Pekalongan merupakan sekolah yang cukup favorit dan sering menjadi juara dalam berbagai lomba, tidak hanya di tingkat Pekalongan saja akan tetapi hingga mencapai tingkat nasional. Siswa-siswa yang selalu menjadi wakil sekolahnya dalam mengikuti suatu perlombaan tidak hanya berprestasi mewakili sekolahnya juga berprestasi di kelas. Tentunya menjadi siswa berprestasi ini tidak mudah diraih begitu saja, faktor-faktor yang bisa mendorong dan menghambat pasti ada, selain itu gaya belajar yang dipakai siswa dalarn belajar ini juga sangat penting dalam meraihnya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gaya belajar siswa yang berprestasi di SMP Negeri 14 Pekalongan? dan apa saja faktor yang mendukung dan menghambat belajar siswa berprestasi di SMP Negeri 14 Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gaya belajar siswa berprestasi di SMP Negeri 14 Pekalongan, dan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat belajar siswa berprestasi di SMP Negeri 14 Pekalongan. Kegunaan penelitian ini adalah untuk menambah wawasan keilmuan dan sumbangan pemikiran Islam mengenai gaya belajar siswa agar dapat meraih prestasi yang baik di kelas maupun di luar kelas. Dalarn penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, karena data yang dihasilkan berupa data deskriptif dalam bentuk pemyataan atau kata• kata deskriptif atau kata-kata tertulis yang berasal dari sumber data yang diteliti dan diamati agar lebih mudah dipahami. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data adalah metode wawancara, metode observasi, metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar siswa berprestasi di SMP Negeri 14 Pekalongan menggunakan gaya belajar kinestetik, sebagaimana cirinya yang mudah terganggu oleh keributan, maka belajar dengan kondisi yang tenang, begitu juga strategi belajar agar tidak mudah lupa yaitu dengan membuat catatan atau dengan metode praktek, kemudian dengan membaca berulang-ulang untuk memahami materi yang sulit, selain itu karantina sebelum lomba, intensif dalam belajar, belajar berkelompok, keaktifan bertanya, pemanfaatan teknologi dengan cara browsing, pemantapan spiritual dan tutor sebaya. Faktor-faktor yang mendukung belajar siswa berprestasi di SMP Negeri 14 Pekalongan yaitu minat dan motivasi belajar yang tinggi, kesehatan, dukungan orang sekitar seperti orang tua dan dukungan dari teman, kondisi yang tenang, jumlah siswa yang proporsional dalam kelas. Adapun faktor-faktor yang menghambat adalah badan kurang fit, kondisi yang ramai, acara TV yang digemari, paksaan orang tua, bermain media sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIstiyani, DwiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar Siswa Berprestasi
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 03 Jan 2024 10:12
Last Modified: 03 Jan 2024 10:12
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5539

Actions (login required)

View Item View Item