Analisis nilai- nilai demokratis dan humanis dalam mata pelajaran Kemuhammadiyahan di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah

M. LENDRA, M. LENDRA (2015) Analisis nilai- nilai demokratis dan humanis dalam mata pelajaran Kemuhammadiyahan di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021110299 M LENDRA BAB I, V DAN LAMP.PDF

Download (6MB)
[img] Text
2021110299 M LENDRA FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

M.Lendra, NIM 2021110299, 2015 "Analisis Nilai - nilai Demokratis dan Humanis dalam Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan di Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah" Jurusan/Program Studi: Tarbiyah/S1 PAI STAIN Pekalongan. Pembimbing: Drs. H. Imam Suraji, M. Ag. Demokrasi yang telah dipilih dan ditetapkan oleh funding fathers sejak negara ini berdiri bukan tanpa alasan. Hal ini dibuktikan dengan telah tertanamnya nilai demokratis dan humanis dalam kehidupan masyarakat Indonesiajauh sebelum negara ini merdeka. Muhammadiyah merupakan sebuah organisasi Islam yang telah berdiri sejak tahun 1912, dimana pada tahun-tahun tersebut merupakan tahun• tahun perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih makna Kemerdekaan yang seutuhnya. Sudah sejak lama Muhammadiyah memiliki upaya untuk mengajak dan mempelopori umat Islam untuk berfikir dinamis dan kreatif, dalam memaharni dan mengaktualisasikan Islam di tengah kehidupan modem, tanpa terlepas dari sumber utama yaitu AI-Qur'an dan Sunnah, hal tersebut merupakan menjadi tugas "fardhu "ain" bagi Muhammadiyah sesuai dengan kapasitasnya sebagai gerakan Islam modern di Indonesia. Dalam hal ini, Muhammadiyah harus mampu mentransformasikan sejumlah kebaikan seperti akhlak, moral dan teladan yang baik dalam kehidupan politik, agar bangsa ini menjadi lebih cerdas dan maju. Dalam menghadapi perubahan politik nasional dan pergeseran orientasi politik global. Muhammadiyah sebagai salah satu organisasi sosial harus mampu melakukan berbagai upaya yang dapat membawa bangsa kepada transformasi sosial struktural dan kultural Islam yang merupakan respon kreatif atas realitas zaman yang dihadapi. Tampil sebagai gerakan Islam transformatif adalah keinginan Muhammadiyah untuk mewujudkan sebuah peradaban yang khairu ummah atau peradaban madani (civil society).' Penelitian ini merupakan penelitian Kepustakaan (library research) yaitu penelitian untuk memperoleh data yang bersumber dari buku-buku, baik berupa data primer maupun data sekunder. Tidak hanya diperoleh dari buku• buku saja, tetapi dari jumal-jumal dan sumber lain yang berkaitan dengan skripsi ini. Setelah data terkumpul penulis berusaha untuk menganalisa data menggunakan metode deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mata pelajaran Ke• Muhammadiyahan yang juga merupakan bagian dari Kurikulum Pendidikan Agama Islam di lingkungan sekolah Muhammadiyah, telah terdapat penanaman nilai-nilai demokratis dan humanis, yang merupakan perwujudan dari sebuah kepribadian seorang muslim dalam berbangsa dan bemegara. Kata Kunci : Nilai-nilai Demokratis dan Humanis, Kemuhammadiyahan, SMK Muhammadiyah

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSuraji, H. ImamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Demokratis dan Humanis, Kemuhammadiyahan, SMK Muhammadiyah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 03 Jan 2024 10:12
Last Modified: 03 Jan 2024 10:12
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5560

Actions (login required)

View Item View Item