Pengguna teknologi internet banking dalam menunjang pelayanan di bank syariah mandiri KCP Pekalongan Kajen

Fitriyah, Fitriyah (2016) Pengguna teknologi internet banking dalam menunjang pelayanan di bank syariah mandiri KCP Pekalongan Kajen. Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.

[img] Text
2012113065 FITRIYAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (10MB)
[img] Text
2012113065 FITRIYAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (28MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Internet Banking merupakan suatu cara untuk melakukan transaksi perbankan dengan menggunakan jaringan internet yang memudahkan nasabah untuk bertransaksi. Dengan naiknya minat masyarakat terhadap penggunaan internet dan telepon seluler, pengembangan jaringan Internet Banking menjadi sangat penting bagi bisnis perbankan untuk menjaga kesetiaan nasabah. Internet Banking menjawab tuntutan nasabah yang menginginkan service cepat, aman, nyaman, murah, tersedia 24 jam serta dapat diakses dari mana saja, baik melalui komputer, laptop, maupun telepon seluler. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Internet Banking dalam menunjang pelayanan di BSM KCP Pekalongan Kajen serta supaya masyarakat mengetahui hambatan yang mungkin terjadi dan bagaimana cara BSM KCP Pekalongan Kajen dalam mengatasi hambatan tersebut. Jenis penelitian dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder dengan teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif analitis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Internet Banking di BSM KCP Pekalongan Kajen sangat berperan dalam berbagai transaksi yang dilakukan oleh nasabah, karena bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja selama 24 jam hanya dengan jaringan internet. Selain itu, penggunaan Internet Banking juga dapat membantu bank mengurangi biaya operasional dan meningkatkan penghasilan bank berupa fee based income. Akan tetapi penggunaan Internet Banking juga memiliki hambatan, di antaranya yaitu menjadi target oleh para cybercrime sehingga nasabah pengguna Internet Banking harus selalu berhati-hati dan waspada. Selain itu, masalah jaringan juga menjadi masalah karena dapat memutuskan atau menggagalkan transaksi yang sedang berjalan. Tapi pihak BSM KCP Pekalongan Kajen memiliki cara dalam mengatasi hambatan tersebut, seperti memakai sistem keamanan berlapis dan apabila hambatan tersebut disebabkan oleh jaringan atau terputusnya koneksi internet maka BSM KCP Pekalongan Kajen akan memprosesnya selama 14 hari kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMarlina, MarlinaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Internet Banking, Pelayanan Jasa Perbankan Syariah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 30 Nov 2023 08:01
Last Modified: 30 Nov 2023 08:01
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5582

Actions (login required)

View Item View Item