Strategi pemasaran islami pada home industri batik dalam peningkatkan penjualan (studi kasus Zikin Design Pekalongan)

Chusna, Na’imatul (2018) Strategi pemasaran islami pada home industri batik dalam peningkatkan penjualan (studi kasus Zikin Design Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id

Abstract

Pemasaran merupakan salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh para pengusaha untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya, berkembang dan untuk mendapatkan laba. Berhasil tidaknya dalam pencapaian tujuan bisnis, tergantung pada keahlian mereka di bidang pemasaran, prosuksi, keuangan maupun bidang lain. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui penerapan strategi pemasaran Islami mengetahui kelebihan dan kekurangan strategi pemasaran Islami pada home industri Zikin Design Pekalongan dalam meningkatkan penjualan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan segala sesuatu tentang etika bisnis Islam dan penerapan strategi pemasaran di Home Industri Zikin Design Pekalongan sesuai dengan apa yang didengar dan dilihat tanpa menguranginya. Hasil penelitian ini adalah Home Industri Zikin Design dalam menjalankan usahanya, ada yang sesuai dengan pemasaran Islami dan kelebihan: lokasi Home Industri Zikin Design yang strategis, terdapat hak khiyar aib (hak untuk melangsungkan atau membatalkan akad karena adanya cacat pada barang), kebersihan dan kemudahan dalam mencari produk batik. Kelemahannya : kondisi cuaca yang tidak menentu, pengiriman bahan baku yang tidak tepat waktu dan jalan disekitar Home Industri Zikin Design yang banjir. Dilihat dari bauran pemasarannya : produk, harga, tempat, promosi dan orang sesuai dengan pemasaran Islami tidak menggunakan cara yang dilarang dalam Islam. Selain itu ada kelebihan dan kelemahan dalam proses prodiksi sampai dengan penjualan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTamamudin, TamamudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Pemasaran Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Nuzulul Nuzulul
Date Deposited: 27 Apr 2020 03:22
Last Modified: 27 Apr 2020 03:22
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/56

Actions (login required)

View Item View Item