Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Comal

Farida, Andri (2023) Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Comal. Undergraduate Thesis thesis, UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2618096_ANDRI FARIDA_COVER-BAB I-BAB V-DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (41MB)
[img] Text
2618096_ANDRI FARIDA_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah maatematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Comal dibutuhkan adanya kreativitas atau inovasi dalam pembelajaran matematika yang mampu mendorong kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Model pembelajaran Project Based Learning adalah model pembelajaran berbasis proyek dengan proses pembelajaran memecahkan masalah melalui sebuah proyek yang menghasilkan suatu karya atau produ yang bernilai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi model pembelajaran Project Based Learning pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Comal? 2) Apakah model pembelajaran Project Based Learning efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Comal?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran Project Based Learning pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Comal dan menguji keefektifan model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Comal. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel yang digunakan kelas VII F dan VII G. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan instrumen tes pretest sebanyak 6 soal dan posttest sebanyak 6 soal. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil observasi aktivitas guru dan siswa pada pembelajaran model Project Based Learning masing-masing diperoleh 92,5% masuk dalam kategori sangat baik. Hasil uji independent sample t-test diperoleh diperoleh nilai t_hitung=3,446>t_tabel=1,671. Artinya, rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen lebih dari rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas kontrol. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Comal.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDewi, Heni LiliaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 511.8 Mathematical Models, Mathematical Simulation/Matematika Model, Simulasi Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 01 Dec 2023 08:14
Last Modified: 01 Dec 2023 08:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5671

Actions (login required)

View Item View Item