Stategi Guru Akidah Akhlak dalam Mengawasi Penggunaan Media Sosial Peserta Didik Kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Hidayatul Athfal Kota Pekalongan

Romidah, Eni (2023) Stategi Guru Akidah Akhlak dalam Mengawasi Penggunaan Media Sosial Peserta Didik Kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Hidayatul Athfal Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119163_COVER_BAB I_BAB V.pdf

Download (6MB)
[img] Text
2119163_FULL TEXT.pdf

Download (8MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi saat ini, dapat menimbulkan dampak positif maupun negatif bagi penggunanya termasuk peserta didik yang berada pada masa remaja. Penggunaan media sosial dikalangan peserta didik seringkali menimbulkan penyimpangan dalam penggunaanya. Hal ini menjadi suatu kekhawatiran terlebih lagi tanpa adanya pengawasan terkait penggunaan media sosial oleh peserta didik sehingga diperlukannya strategi guru dalam mengawasi penggunaan media sosial pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media sosial dikalangan peserta didik serta bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam mengawasi penggunaan media sosial peserta didik kelas IX di MTs Salafiyah Hidayatul Athfal Kota Pekalongan. Fokus kajian dalam penelitian ini adalah : 1) apa saja permasalahan penggunaan media sosial peserta didik kelas IX di MTs Salafiyah Hidayatul Athfal Kota Pekalongan, 2) apa saja strategi guru akidah akhlak dalam mengawasi penggunaan media sosial peserta didik kelas IX di MTs S Hidayatul Athfal Kota Pekalongan, 3) apa saja kendala guru akidah akhlak dalam mengawasi penggunaan media sosial peserta didik kelas IX di MTs Salafiyah Hidayatul Athfal Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan data primer guru akidah akhlak dan peserta didik kelas IX. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode observasi dan wawancara digunakan untuk mencari data permasalahan penggunaan media sosial peserta didik kelas IX, strategi dan kendala guru akidah akhlak dalam mengawasi penggunaan media sosial peserta didik kelas IX di MTs Salafiyah Hidayatul Athfal Kota Pekalongan. Metode dokumentasi digunakan untuk mencari tentang tata letak geografis sekolah, data keadaan guru, siswa dan sarana prasarana sekolah, serta kegiatan belajar megajar. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data interaktif melalui proses kondensasi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah:1) permasalahan penggunaan media sosial peserta didik kelas IX di MTs Salafiyah Hidayatul Athfal Kota Pekalongan yaitu kecanduan media sosial, konten negatif, penipuan dan ujaran kebencian, 2) strategi guru akidah akhlak dalam mengawasi penggunaan media sosial peserta didik kelas IX yaitu pemberian nasehat, memberi contoh, pembiasaan dan bimbingan, 3) kendala guru akidah akhlak dalam mengawasi penggunaan media sosial peserta didik kelas IX yaitu keterbatasan waktu, kurangnya kerjasama dan dukungan orangtua, serta peserta didik yang tidak patuh.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDAbdullah, ZuhairUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Peserta Didik, Strategi
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 04 Dec 2023 07:22
Last Modified: 04 Dec 2023 07:22
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5702

Actions (login required)

View Item View Item