Motivasi Siswa dan Dukungan Orang Tua dalam Memilih Sekolah Jenjang Madrasah Tsanawiyah Sebagai Tempat Pendidikan Anak di MTs Al-Hikmah Tangkil Kulon

Khusna, Asma'ul (2023) Motivasi Siswa dan Dukungan Orang Tua dalam Memilih Sekolah Jenjang Madrasah Tsanawiyah Sebagai Tempat Pendidikan Anak di MTs Al-Hikmah Tangkil Kulon. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119057_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2119057_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Asma’ul Khusna. 2119057. 2023. Motivasi Siswa dan Dukungan Orang Tua dalam Memilih Sekolah Jenjang Madrasah Tsanawiyah Sebagai Tempat Pendidikan Anak di MTs Al-Hikmah Tangkil Kulon. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Ningsih Fadhilah, M.Pd. Kata Kunci: Motivasi Siswa, Dukungan Orang Tua, Madrasah Tsanawiyah Motivasi sangat penting peranannya dalam meningkatkan kualitas seorang manusia, dengan motivasi orang bisa berhasil menjalani kehidupan. Dalam memilih sekolah siswa perlu adanya motivasi, baik itu motivasi dari dalam diri sendiri atau dari luar. Selain itu, dukungan dari orang tua juga sangat penting dan dibutuhkan oleh anak dalam memutuskan rencana masa depannya, salah satunya yaitu dalam memilih sekolah jenjang Madrasah Tsanawiyah sebagai tempat pendidikan anak. MTs Al-Hikmah Tangkil Kulon mempunyai keunggulan diantaranya yaitu: pembiasaan keagamaan, ekstrakulikuler, penetapan hari bahasa krama dan masih banyak lagi. Selain keunggulan, MTs Al-Hikmah Tangkil Kulon juga mempunyai prestasi salah satunya yaitu juara 3 pencak silat putra. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrisikan motivasi siswa dalam memilih sekolah jenjang Madrasah Tsanawiyah sebagai tempat pendidikan di MTs Al-Hikmah Tangkil Kulon, untuk mendeskripsikan dukungan orang tua dalam memilih sekolah jenjang Madrasah Tsanawiyah sebagai tempat pendidikan anak di MTs Al-Hikmah Tangkil Kulon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (Field Research). Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, siswa MTs Al-Hikmah Tangkil Kulon serta orang tua siswa MTs Al-Hikmah Tangkil Kulon. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta analisis data yang dimulai dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa: pertama, Motivasi siswa dalam memilih sekolah jenajang Madrasah Tsanawiyah sangat dibutuhkan. Karena dengan motivasi, siswa bisa memilih sekolah jenjang Madrasah Tsanawiyah sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya serta mengetahui tujuan memiih sekolah di Madrasah Tsanawiyah. Dalam memilih sekolah jenjang Madrasah Tsanawiyah sebagai tempat pendidikan di MTs Al-Hikmah Tangkil Kulon siswa memiliki dua motivasi yaitu motivasi intrinsik dan Motivasi ekstrinsik. Kedua, Dukungan orang tua memiliki bagian dalam pengambilan keputusan memilih sekolah, karena orang tua seringkali mengarahkan anaknya untuk memilih sekolah yang dinilai orang tua memiliki prospek yang baik bagi anaknya. Ada empat dukungan orang tua dalam memilih sekolah jenjang Madrasah Tsanawiyah sebagai tempat pendidikan anak di MTs Al-Hikmah Tangkil Kulon, yaitu dukungan emosional, dukungan instrumental, dukungan informatif, dan dukungan penghargaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFadhilah, NingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Motivasi Siswa, Dukungan Orang Tua, Madrasah Tsanawiyah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 04 Dec 2023 06:17
Last Modified: 04 Dec 2023 06:17
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5704

Actions (login required)

View Item View Item