Modernisasi manajemen pendidikan pondok pesantren (study di pondok pesantren Al-Manshuriyah Mengori, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang)

Apdilah, Saiful (2023) Modernisasi manajemen pendidikan pondok pesantren (study di pondok pesantren Al-Manshuriyah Mengori, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2118132_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2118132_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

Pondok pesantren merupakan wadah pendidikan dan pengembangan keagamaan yang memberikan lingkungan bagi para santri untuk belajar, tinggal, dan mendalami ajaran Islam serta nilai-nilai sosial. Manajemen pendidikan di pondok pesantren merupakan suatu kebutuhan agar dapat mempertahankan eksistensinya dalam persaingan dan modernisasi saat ini, serta sebagai landasan untuk berkembang dimasa yang akan datang. Namun dalam setiap prosesnya pasti terdapat faktor yang mempengaruhi manajemen tersebut, untuk itu pondok pesantren perlu memanfaatkan faktor pendukung untuk mengatasi hambatanhambatan ini guna mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan bagaimana pelaksanaan manajemen pendidikan Islam di pondok pesantren Al-Manshuriyah Mengori, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang (2) Menjelaskan apasaja faktor pendukung dan penghambat modernisasi manajemen pendidikan Islam di pondok pesantren Al-Manshuriyah Mengori, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis lapangan (Field Research). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket dengan informan Kepala pondok, Asatid dan Santri. Teknik analisis data yang digunakan model Miles & Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan Manajemen pendidikan Islam di pondok pesantren Al-Manshuriyah terdiri dari beberapa bidang yang meliputi pelakasanaan manajemen bidan perumusan tujuan, kepengurusan, kepegawaian, kesantrian, kurikulum, sarana dan prasarana, serta keuangan pondok pesantren berdasarkan perkembanagan zaman saat ini. Adapun proses manajemen pendidikan Islam terstruktur berdasarkan fungsi-fungsi manajemen, seperti fungsi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. (2) Faktor pendukung modernisasai manajemen pendidikan Islam di pondok pesantren Al-Manshuriyah diantaranya kualitas guru, kebijakan pemerintah dan kementrian agama, bantuan pemerintah, kerjasam pengurus, semangat tinggi pengurus, kepercayaan orang tua, motivasi santri, dukungan yayasan, kolaborasi dengan alumni, dan dukungan donator. Adapun faktor yang menghambat meliputi sumberdaya manusia kurang mumpuni, sarana dan prasarana yang belum lengkap, minimnya partisipasi santri, dan pengawasan yang lemah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMufid, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Modern, manajemen, pendidikan, pesantren
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 04 Dec 2023 07:36
Last Modified: 06 Feb 2024 09:16
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5746

Actions (login required)

View Item View Item