Perilaku pedagang jeans di pasar Kedungwuni dalam perspektif islam

Aluwiyah, Sarifah (2017) Perilaku pedagang jeans di pasar Kedungwuni dalam perspektif islam. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
2013112182 SARIFAH ALUWIYAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (18MB)
[img] Text
2013112182 SARIFAH ALUWIYAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (34MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdurpekalongan.ac.id/

Abstract

Perilaku Pedagang Jeans di Pasar Kedungwani Dalam Perspektif Bisnis Islam. Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah Fakultus Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Dosen Pembimbing Dra. Rita Rahmawati, M. Pd. Pasar merupakan tempat bertemuanya pembeli dan para penjual yang menawarkan barang ataupun jasa kepada pembeli yang mempunyai keinginan dan kemampuan untuk memiliki barang dan jasa hingga terjadinya kesepakatan transaksi atau transfer atas kepemilikan barang atau kenikmatan jasa. Perilaiks adalah perbuatan manusia yang kelihatan atau tidak kelihatan yang didasari maupun tidak didasari termasuk didalamnya cara berbicara, cara melakukan sesuatu dan bereaksi terhadap segala sesuatu yang datangnya dari luar maupun dari dalam dirinya. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana perilaku pedagang Jeans dalam transaksi jual beli dan apakah perilaku pedagang jeans dalam transaksi jual beli di pasar Kedungwuni sudah sesuai dengan Etika Bisnis Islam. Kegunaan penelitian secara teoritis untuk memberikan kontribusi pada penambahan khazanah keilmuan di bidang ekonomi Islam dan secara pekatis untuk memberikan masakan atau tawaran keilmuan haru yang selalu mendukung untuk dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan field researchidengan pendekatan kualitatif. Sumber data berupa data primer dan sekunder, data primer diperoleh dengan teknik wawancara dan oleervasi sedangkan data sekunder diperoleh dengan dokumentasi. Subjek penelitian adalah pedagang jeans, sedangkan objeknya adalah perilaku pedagang, penentuan subjek menggunakan teknik purposive sampling Uji Kredibilitas informasi mengggunakan teknik triangulasi, baik sumber, teknik maupun teori. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan Pertama Mengenai perilaku pedagang dalam transaksi jual beli suudah menunjukan perilaku atau sikap yang baik dan sopan kepada calon pembeli, mereka melayani dengan sepenuh hati agar sama- sama merasa puas dalam transaksi tersebut. Eedia, Mengenai perilaku pedagang jeans di Pasar Kedungwani dalam perspektif bisnis Islam taliwa perilak pedagang jeans di Pasar Kedungwuni sudah sesuai dengan stika bimis islam, walmpun pedagang sesebut tidak mengetahui etika bisnis Islam. Akan tetap dalam melaksanakan transaksi jual beli mereka menggunakan aturan yang telah diatur oleh agama Islam yang meliputi, tidak melupakan ibadah shalat wajih berdo'a dan benedekah, adil, tidak menyembunyikan saat memberikan kebebasan penjual baru, dan tidak memuissa pembeli, menepati janji dan Bertanggung jawab atas kualitas barang, bersikap namah tamah dalam melayani dan bermurah lat dengan memberikan waktu tenggang pembayaran Namun sebagai perilaku pedagang ada yang tidak sesuai dengan etika horis Islam yaitu Jalai dalam menjalankan ibadah shalat wajih ketika melakukan transaksi jual beli tidak menepati janji, dan tidak memberikan waktu songgang pembayaran

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRahmawati, RitaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Verilaku. Pedagang, Etika Bisnis Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 04 Dec 2023 03:57
Last Modified: 22 Dec 2023 07:26
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5748

Actions (login required)

View Item View Item