Pelaksanaan pendidikan karakter siswa di MTS Isthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Kota Pekalongan tahun pelajaran 2018/2019

Ilmiyati, Farisatul (2019) Pelaksanaan pendidikan karakter siswa di MTS Isthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Kota Pekalongan tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Pelaksanaan pendidikan karakter merupakan program yang diterapkan dalam upaya memupuk karakter siswa. Salah satu sekolah yang melaksanakan pendidikan karakter dalam memupuk karakter siswa adalah MTs Isthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Kota Pekalongan. Dalam lembaga pendidikan (sekolah) pelaksanaan pendidikan karakter dapat diintegrasikan pada kegiatan pembelajaran yang telah terprogram maupun pada kegiatan pembiasaan yang dilakukan oleh siswa. Pelaksanaan pendidikan karakter menjadikan salah satu upaya guru dalam menanamkan peserta didik yang memiliki budi pekerti luhur, berperilaku baik, berprestasi, berkualitas dan berakhlakul karimah atau memiliki karakter yang unggul. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana pelaksanaan pendidikan karaktersiswa diMTs Isthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Kota Pekalongan tahun pelajaran 2018/2019, dan apa saja faktor pendukung dan penghambatpelaksanaan pendidikan karakter siswa diMTs Isthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Kota Pekalongan tahun pelajaran 2018/2019. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknikobservasi, wawancara dan dokumentasi, dengan metode analisis data deskriptif menggunakan model Miles and Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter siswa diMTs Isthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Kota Pekalongan tahun pelajaran 2018/2019diterapkan melalui bentuk-bentuk kegiatan terprogram dan kegiatan tidak terprogram atau pembiasaan. Adapun bentuk kegiatan terprogram meliputi: menaati aturan tata tertib madrasah, Perayaan Hari Besar Islam (PHBI), dan peningkatan IMTAK pada bulan Ramadhan. Sedangkan bentuk kegiatan tidak terprogram atau pembiasaan meliputi: melaksanakan budaya senyum, salam, sapa, dan jabat tangan, membaca surat Yasin sebelum memulai pembelajaran, membaca surat al-Waqi’ah setelah selesai pembelajaran, shalat dhuhur berjamaah, pembacaan shalawat Nariyah dan Istighosah. Faktor pendukung pelaksanaan pendidikan karakter siswadiMTs Isthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Kota Pekalongan tahun pelajaran 2018/2019 meliputi: motivasi siswa untuk berbuat baik, adanya kesadaran dari siswa, adanya tata tertib yang wajib dilaksanakan, adanya pengawasan dari guru dalam pelaksanaan pendidikan karakter, dan adanya kesiapan guru dalam mengajar menanamkan pendidikan karakter. Adapun faktor penghambatnya berupa keterlambatan peserta didik datang ke sekolah, pengaruh media sosial, dan pengaruh lingkungan dari luar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Pendidikan Karakter.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nora Septiani
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:11
Last Modified: 15 Aug 2022 02:11
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/577

Actions (login required)

View Item View Item