Implementasi budaya sarungan dalam pendidikan formal sebagai wujud eskalasi karakter santri di kalangan peserta didik MTS Ishthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Kota Pekalongan

Rif'an, Muhammad (2023) Implementasi budaya sarungan dalam pendidikan formal sebagai wujud eskalasi karakter santri di kalangan peserta didik MTS Ishthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119153_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (23MB)
[img] Text
2119153_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Budaya Sarugan merupakan suatu kebiasaan, perilaku dan adat istiadat masyarakat dalam berpakaian melalui penggunaan sarung didalam aktivitas kehidupan, baik dalam kegiatan formal maupun kegiatan non formal. Budaya sarungan direpresentasika oleh kaum santri. Budaya sarungan banyak dijumpai di kegiatan-kegaiatn yang bersifat formal, contohnya di pendidikan formal. Kolaborasi budaya ini bertujuan untuk mengenalkan dan menanamkan karakter santri di pendidikan formal. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana impelementasi, apa saja hambatan yang dihadapi, serta wujud eskalasi karakter santri dari Implementasi Budaya Sarungan Dalam Pendidikan Formal Sebagai Wujud Eskalasi Karakter Santri Di Kalangan Peserta Didik MTs Ishthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Kota Pekalongan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi budaya sarungan, mengeksplorasi hambatan yang dihadapi dalam pengaplikasian budaya sarungan serta mengeksplorasi dan mendeskripsikan wujud eskalasi karakter santri di kalangan peserta didik yang dihasilkan dari budaya sarungan di MTs IN Banyurip Ageng. Penelitian ini dilakukan di MTs Ishthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Kota Pekalongan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis menggunakan analisis deskriptif melalui reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan Implementasi Budaya Sarungan Dalam Pendidikan Formal Sebagai Wujud Eskalasi Karakter Santri Di Kalangan Peserta Didik MTs Ishthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Kota Pekalongan sudah dilakukan selama satu minggu sekali di hari ahad. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan, menanamkan, membentuk, dan meningkatkan karakter santri di kalangan peserta didik. Dalam kegiatan ini ada hambatan yang dihadapi karena disebabkan faktor internal dan eksternal. Faktor internal dipengaruhi oleh kurangnya kesadaran setiap individu, kurangnya pengetahuan tentang budaya sarungan, dan bahan sarung yang digunakan terlalu tipis. Faktor eksternal dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan lingkungan bermain dan lingkungan keluarga. Wujud eskalasi karakter santri di kalangan peserta didik dibuktikan dengan adanya perubahan sikap, perilaku, dan kebiasaan peserta didik yang sesuai dengan karakter santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHufron, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Budaya sarungan, pendidikan formal, karakter santri
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 04 Dec 2023 06:30
Last Modified: 06 Feb 2024 09:12
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5773

Actions (login required)

View Item View Item