Peran Kepala Sekolah Dalam Membina Kompetensi Pedagogik Guru di SMP Islam YMI Wonopringgo Pekalongan

Ismanto, Muhammad Arif (2023) Peran Kepala Sekolah Dalam Membina Kompetensi Pedagogik Guru di SMP Islam YMI Wonopringgo Pekalongan. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
5221008 - Cover_Bab I_Bab VII.pdf

Download (7MB)
[img] Text
5221008 - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Latar belakang penulisan tesis ini adalah beberapa problematika peran kepala sekolah dalam membina kompetensi pedagogik guru adalah guru mengkondisikan peserta didik belum maksimal sehingga keadaan kelas menjadi gaduh, guru menggunakan metode yang monoton dalam mengajar sehingga peserta didik jenuh dan bosan, guru menjelaskan materi ajar yang terlalu cepat sehingga peserta didik kurang memahami materi yang diajarkan. Banyak aspek yang mempengaruhi kurangnya kompetensi pedagogik guru di SMP Islam YMI Wonopringgo Pekalongan, yaitu kurangnya peran kepala sekolah sebagai pemimpin karena kepala sekolah dalam memanejemen atau mengelola sekolah hanya memberikan wewenangnya kepada tim yang telah dibentuknya, yaitu tim manajemen yang terdiri dari bidang kesiswaan, humas, sarana prasarana, dan kurikulum. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Kompetensi Pedagogik Guru di SMP Islam YMI Wonopringgo Pekalongan? Bagaimana Peran Kepala Sekolah Dalam Membina Kompetensi Pedagogik Guru di SMP Islam YMI Wonopringgo Pekalongan? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kompetensi pedagogik guru di SMP Islam YMI Wonopringgo Pekalongan dan untuk menganalisis peran kepala sekolah dalam membina kompetensi pedagogik guru di SMP Islam YMI Wonopringgo Pekalongan. Penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metode observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, kompetensi pedagogik guru di SMP Islam YMI Wonopringgo Pekalongan dengan kriteria tingkat kompetensi yang berbeda-beda. Namun responden yang berhasil peneliti amati menyatakan bahwa semua sudah memenuhi kriteria tingkat kompetensi kompeten. Semuanya sudah memenuhi indikator dari kompetensi pedagogik, seperti menguasai karakteristik peserta didik, menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, pengembangan kurikulum, kegiatan pembelajaran yang mendidik, pengembangan potensi peserta didik, komunikasi dengan peserta didik dan penilaian dan evaluasi. Kedua, peran kepala sekolah, yaitu dapat dilihat dari bagaimana cara kepala sekolah mempengaruhi, dan mengambil keputusan serta kebijakan, serta usaha-usaha yang dilakukan demi meningkatkan kompetensi para guru yang ada di SMP Islam YMI Wonopringgo Pekalongan. Sehingga dalam melaksanakan kepemimpinannya, peran tersebut muncul secara situasional, seperti peran sebagai edukator, pemimpin, motivator, supervisor, inovator, dan manajerial.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRohayana, Ade Dedi197101151998031005UNSPECIFIED
Thesis advisorJaeni, Muhamad197504112009121002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Sekolah, Membina Kompetensi, Kompetensi Pedagoik Guru
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 04 Dec 2023 06:05
Last Modified: 06 Feb 2024 03:01
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5780

Actions (login required)

View Item View Item