Optimalisasi Nilai Karakter Disiplin Melalui Strategi Good Behavior Game pada Siswa Kelas 5 MI Sudirman Panjang Kota Pekalongan

Ardi, Rosiyana (2023) Optimalisasi Nilai Karakter Disiplin Melalui Strategi Good Behavior Game pada Siswa Kelas 5 MI Sudirman Panjang Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2318116_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2318116_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Dalam proses belajar mengajar pendidik dituntut untuk bersikap disiplin. Disiplin merupakan suatu tindakan yang menunjukkan perilaku seseorang tertib dan patuh dalam berbagai aturan yang diterapkan. Strategi good behavior game merupakan strategi pengelolaan kelas yang melibatkan berbagai kegiatan salah satunya tentang peraturan. Hal ini juga yang mendorong guru kelas 5 MI Sudirman Panjang Kota Pekalongan menggunakan strategi good behavior game. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana langkah – langkah penerapan strategi good behavior game dalam mengoptimalisasi nilai karakter disiplin pada siswa kelas 5 MI Sudirman?, 2). Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengoptimalisasikan nilai karakter disiplin pada siswa kelas 5 MI Sudirman? Pendekatan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian field research. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru wali kelas dan siswa kelas 5 MI Sudirman Panjang. Adapun analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Langkah – langkah penerapan strategi good behavior game di MI Sudirman Panjang yaitu penerapan strategi good behavior game bahwa efektif dilakukan dalam mengoptimalisasikan nilai karakter disiplin. Dengan menggunakan langkah – langkah yaitu Putuskan kapan jadwal permainan, definisikan dengan jelas perilaku negatif yang akan dinilai selama permainan, tentukan hadiah untuk siswa yang menaati peraturan, perkenalkan game tersebut dan penerapan game. Faktor pendukung dalam mengoptimalisasikan nilai karakter disiplin pada siswa kelas 5 MI Sudirman Panjang antara lain: kesadaran siswa, reward atau hadiah, dan punishment atau hukuman. Sedangkan faktor penghambat dalam mengoptimalisasikan nilai karakter disiplin pada siswa kelas 5 MI Sudirman Panjang antara lain: lingkungan keluarga, keterlambatan guru dan penerapan yang kurang konsisten.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSofa, Eros MeilinaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Disiplin, Good Behavior Game, Siswa Kelas 5
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 04 Dec 2023 07:06
Last Modified: 04 Dec 2023 07:06
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5782

Actions (login required)

View Item View Item