Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Dan Profesionalisme Guru Dengan Kinerja Guru Madrasah Pada Kelompok Kerja Madrasah Ibtida'iyah Kecamatan Limpung Kabupaten Batang

Fauzan, Akhmad (2023) Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Dan Profesionalisme Guru Dengan Kinerja Guru Madrasah Pada Kelompok Kerja Madrasah Ibtida'iyah Kecamatan Limpung Kabupaten Batang. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
5210047 - Cover_Bab I_Bab V.pdf

Download (10MB)
[img] Text
5210047 - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kepala madrasah sebagai pemimpin dalam satuan pendidikan berperan dan bertanggung jawab memimpin, mengorganisir, memantau, membina juga memperbaiki proses belajar mengajar di kelas. Dari konsep gaya kepemimpinan yaitu sikap dan tindakan yang dilakukan pemimpin dalam menghadapi guru diharapkan mampu mempengaruhi guru melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik. Sementara itu profesionalisme guru memerlukan keahlian, kemahiran atau kecakapan yang memenuhi standard mutu atau norma tertentu. Gaya kepemimpinan kepala madrasah dan profesionalisme guru memainkan peranan yang cukup signifikan dalam meningkatkan kinerja guru. Dengan kepemimpinan yang efektif dapat memberikan pengaruh pada tingkat kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara gaya kepemimpinan kepala madrasah, profesionalisme guru, dan kinerja guru dalam konteks Kelompok Kerja Madrasah Ibtida'iyah di Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang. Kualitas pendidikan di madrasah sangat bergantung pada kinerja guru, yang dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala madrasah dan tingkat profesionalisme guru. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara gaya kepemimpinan kepala madrasah dan kinerja guru sebesar 42,30%, hubungan positif antara profesionalisme guru dan kinerja guru sebesar 30,20%, dan hubungan positif antara gaya kepemimpinan kepala madrasah dan profesionalisme guru dengan kinerja guru sebesar 62,50%. Kepemimpinan yang efektif dari kepala madrasah dapat mendorong motivasi dan kinerja guru yang lebih baik. Selain itu, profesionalisme guru juga memiliki hubungan yang signifikan dengan kinerja guru. Guru-guru yang lebih profesional cenderung memberikan kontribusi yang lebih besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusminingsih, Susminingsih197502111998032001UNSPECIFIED
Thesis advisorUntung, Slamet196704211996031001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Gaya kepemimpinan, profesionalisme guru, kinerja guru, Kepala Madrasah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 05 Dec 2023 04:26
Last Modified: 05 Feb 2024 04:55
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5815

Actions (login required)

View Item View Item