Hubungan antara konsep diri dengan motivasi belajar siswa kelas X IPA SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan

Khikmah, Uful (2019) Hubungan antara konsep diri dengan motivasi belajar siswa kelas X IPA SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada masalah guru dalam menjalankan tugas sehari-hari, seringkali guru harus berhadapan dengan siswa yang prestasi akademisnya tidak sesuai dengan harapan guru. Bila hal ini terjadi dan ternyata kemampuan kognitif siswa tidak cukup baik, guru cenderung mengtakan bahwa siswa tidak termotivasi. Konsep diri menurut Fitts mengatakan bahwa konsep diri merupakan aspek penting dalam diri seseorang. Konsep diri merupakan kerangka acuan dalam berinteraksi dengan lingkungan. Ia menjelaskan dalam fenomeologis dan mengatakan bahwa ketika individu mempersepsikan dirinya, berinteraksi dan bereaksi terhadap dirinya, memberikan arti dan penilaian abstraksi tentang dirinya. Sedangkan menurut A.M Sadirman motivasi belajar dapat diartikan sebagai serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu, sehingga seseorang mau dan ingin melakukan sesuatu, dan bila ia tidak suka, maka akan berusaha untuk meniadakan atau mengelak perasaan tidak suka itu. Rumusan masalah dalam penelitian . Bagaimana konsep diri siswa kelas X IPA di SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan?, Bagaimana motivasi belajar siswa kelas X IPA di SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan, Adakah hubungan antara konsep diri dengan motivasi belajar siswa kelas X IPA di SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Konsep Diri yang dimilki, bagaimana Motivasi Belajar dan adakah hubungan antara konsep diri dengan motivasi belajar siswa kelas X IPA SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dengan metode analisis statistik korelasi product moment.Pengambilan data menggunakan Skala Konsep Diri dan Skala Mootivasi Belajar yang disebarkan langsung kepada subjek penelitian. Skala Konsep Diri terdiri dari 25 item valid dengan α=0,944 dan Skala Motivasi Belajar terdiri dari 25 item valid dengan α=0,863. Hasil analisis tersebut menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan motivasi belajar terlihat pada angka korelasi rxy= 0,796 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan motivasi belajar siswa kelas X IPA SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaulida, ChusnaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: pendidikan - motivasi belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nora Septiani
Date Deposited: 28 May 2020 04:15
Last Modified: 28 May 2020 04:15
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/582

Actions (login required)

View Item View Item