Implementasi metode pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 03 Doro Kabupaten Pekalongan

Inayah, Zuhrotul (2019) Implementasi metode pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 03 Doro Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Pengajaran merupakan pendidikan dan latihan, pendidikan merupakan persoalan penting bagi semua insan, yang selalu menjadi tumpuan dan harapan untuk mengembangkan individu dan masyarakat. Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan bagi peranannya dimasa akan datang. Numbered Head Together (NHT) merupakan salah satu dari sekian banyak teknik dalam model pembelajaran kooperatif yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk saling berkomunikasi secara aktif dalam menyelesaikan tugas-tugas mereka. Jadi model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) ini digunakan untuk melibatkan peserta didik terhadap materi pembelajaran dengan lengkap berpikir bersama dalam kelompok kecil untuk menemukan jawaban yang dianggap paling tepat dari permasalahan yang diberikan yang bertujuan agar siswa dapat mampu mengikuti pembelajaran dengan baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1).Bagaimana implementasi metode numbered head together dalam pendidikan agama Islam di SMP N 3 Doro Kabupaten Pekalongan.2). Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat implementasi metode numbered head together dalam pendidikan agama Islam di SMP N 3 Doro Kabupaten Pekalongan. Tujuan dari penelitian ini adalah:1).Untuk mendeskripsikan implementasi metode numbered head together (NHT) dalam pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Doro. 2). Untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam implementasi metode numbered head together dalam pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Doro. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menghasilkan analisis tanpa menggunakan analisis statistik maupun kualifikasi lainnya. Teknik pengumpulan data menggunakan metode inteview, metode observasi, dan metode dokumentasi. Sumber data yang di gunakan berwujud data primer dan sekunder. Bahwa metode yang digunakan metode deskriptif. Analisa deskriptif merupakan metode yang mendeskriptifkan dan mengidentifikasikan apa yang ada baik mengenai kondisi atau hubungan yang ada, pendapat yang tumbuh, proses yang sedang berlangsung dan kecenderungan yang tengah berkembang Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi metode pembelajaran numbered head together (NHT) dalam pelajaran pendidikan agama islam kelas VII di SMP Negeri 3 Doro Kabupaten Pekalongan sudah cukup baik. Pembelajaran NHT adalah pembelajaran kooperatif yang dilakukan dengan melibatkan para siswa untuk saling berinteraksi serta berfikir bersama, sehingga setiap siswa dapat aktif dalam penguasaan materi dengan cara menggunakan nomor pada kepala masing-masing siswa yang memudahkan guru untuk mengeksplor aktifitas siswa dalam mencari, mengolah, dan melaporkan informasi dari berbagai sumber yang akhirnya dapat dipresentasikan di depan kelas. Sintaks dalam pembelajaran NHT antara lain: persiapan, pembentukan kelompok, memastikan setiap kelompok harus memiliki buku paket dan buku panduan, diskusi masalah, memanggil nomor anggota atau pemberian jawaban, diakhiri dengan pemberian kesimpulan. Kelebihan dalam pelaksanaan metode NHT yaitu guru yang memiliki kompetensi dan tersedianya sarana dan prasarana yang memadai dalam pembelajaran. Sedangkan kekurangan dalam pelaksanaan metode NHT sulitnya siswa dalam menyesuaikan metode Numbered Heads Together dan terbatasnya waktu pembelajaran dengan menggunakan metode Numbered Heads Together.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan - metode pembelajaran, metode NHT,
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nora Septiani
Date Deposited: 28 May 2020 04:25
Last Modified: 28 May 2020 04:25
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/583

Actions (login required)

View Item View Item